Selasa, 01 Februari 2011

Senggigi Lombok: Potret Keharmonisan Pariwisata dengan Nelayan

Lombok memiliki pantai yang tak perlu diragukan lagi keindahannya. Tak salah kalau pulau Lombok sering disebut-sebut sebagai Bali 2. Salah satunya adalah pantai Senggigi. Letaknya di pesisir barat pulau Lombok. Suasana eksotis pantai berpasir putih ini didukung banyak keistimewaan yang tidak dimiliki oleh pantai lain, salah satunya adalah suasananya yang masih natural, tenang, dan nyaman. Tak heran banyak wisatawan yang tertarik untuk berkunjung di pantai ini, terutama wisatawan mancanegara.

Memasuki
area pantai Senggigi, wisatawan seta merta disapa oleh lembutnya angin semilir yang menenangkan. Apa saja yang dapat dilakukan di pantai Senggigi? Tentu saja bukan hanya memandangi indahnya nuansa pantai, melainkan sobat juga bisa berenang, bermain air, snorkeling, berjemur di pasir putih yang hangat, dan bermain kano. Jika anda merasa lapar, banyak restoran di sekitar pantai yang menghidangkan aneka santapan yang membuat lidah bergoyang, antara lain Ayam Taliwang dan Plecing Kangkung.

Sunset di Senggigi juga tak kalah indah dari pantai yang ada di Bali. Gambar di samping adalah salah satu buktinya. Malam menjelang, terutama saat bulan purnama merupakan malam yang tak terlewatkan. Pengunjung bisa memanfaatkan pasir hangat untuk terapi kesehatan sembari mendengarkan deburan ombak berkejar-kejaran
Pemandangan menarik lain di sepanjang pantai indah Senggigi adalah berderet deretnya ratusan perahu cadik para nelayan setempat untuk mencari ikan tongkol. Muncullah kekagumanku akan keharmonisan antara pariwisata dengan para nelayan nelayan itu. Satu sumberdaya dapat dimanfaatkan secara bersama sama tanpa saling berkonflik. Kita lihat bersama ada beberapa turis asing yang berjemur disebelah perahu nelayan tanpa merasa saling terusik, bahkan aktifitas keseharian para nelayan ini menjadi atraksi sangat menarik bagi para wisatawan itu. Bagi sebagian besar wisatawan merasa bangga sekali apabila bisa bertemu dengan keseharian kehidupan masyarakat di wilayah yang dikunjunginya.
Sepenggal Pantai Senggigi

Pasir Hitam Pantai Senggigi

Harmoni Wisata dan Nelayan

Dapat Ikan Tongkol

Perahu Nelayan Tidak Boleh Lebih 50 Buah di Senggigi

Aku Dapat

Proses Tawar Menawar

Terumbu Karangku Terlepas

Memancing = Kesabaran

Dapat Ikan Berapa?

istirahat sejenak


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar