Rabu, 27 April 2011

Pesisir Karangantu sampe Domas-Pontang di Kabupaten Serang

Ketika ada kesempatan untuk menyusuri pesisir Karangantu sampai Desa Domas, Kec Pontang di Kab Serang, Banten bersama Komisi IV DPR-RI, sungguh suatu kesempatan yang baik untuk menambah pengetahuan akan masyarakat dam daerah tersebut.
Pemandangan sepanjang kanan kiri jalur yang dilalui didominasi oleh hamparan sawah namun terlihat jelas luasannya berkurang terus karena dikooptasi oleh pendirian bangunan pemukiman baik skala kecil maupun besar dalam bentuk perumahan. Sayang sekali, tanah yang subur itu beralih fungsi. Demikian juga dengan infrastruktur irigasi yang dibangun dengan susah payah, kini kalaupun tidak terbengkalai tetapi fungsinya sudah berubah tidak lagi untuk mengairi persawahan tetapi lebih kepada pemenuhan masyarakatnya secara langsung akan air. Kita dapat saksikan sendiri, pemandangan orang lagi mandi, mencuci pakaian atau beras, kakus, memandikan kerbaunya, mencuci mobil motor dan lainnya di sepanjang saluran irigasi besar dan kecil tersebut.
Hal yang patut menjadi perhatian adalah masalah sanitasi. Seperti pada umumnya di wilayah pesisir, masalah sanitasi ini masih kurang mendapat perhatian dari masyarakatnya sekalipun. Air berwarna hitam pekat dan beraroma sangat bau tergenang di sekitar rumah penduduk, sampah yang berserakan tidak ditangani secara khusus, fasilitas MCK yang apa adanya, bau yang tidak sedap menyebar kemana mana. Malah pemandangan sawahnya yang memperlihatkan keasrian, tetapi pemandangan di pemukimannya malah sebaliknya.
Memang betul, kebersihan sangat terkait dengan kondisi ekonomi dan pendidikan masyarakatnya. Bagaimana mau ‘aware’ terhadap kebersihan kalau perut masih ‘keroncongan’?
Program-program nyata yang langsung dirasakan oleh masyarakat pesisir secara berkesinambungan –sangat diperlukan-. Bukan program sloganis, temporer, ataupun hanya ‘sekedar’ ada proyek.  
Menurut saya: salah satu program yang diperlukan oleh masyarakat pesisir adalah seperti perbaikan infrastruktus desa pesisir yang terencana dan berkesinambungan. Disebut berkesinambungan berarti program itu dilakukan secara tuntas tidak menggantung dan membutuhkan ‘adanya’ proyek proyek lagi.....
 Potensi Perikanan Tambak 
di Pesisir Serang yang Belum
Optimal Dimanfaatkan

Sistem Irigasi yang Berubah
Jadi Tempat Pembuangan Sampah

Sanitasi Desa Pesisir 
yang buruk

Saluran Irigasi 
dijadikan sarana MCK

Infrastruktur Desa Pesisir
yang tidak memadai

Perlu Penataan Ulang
dan perbaikan infrastruktur
desa pesisir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar