Sabtu, 21 Mei 2011

Bukit Malimbu, Tempat Tepat Untuk Menikmati Sunset di Lombok

Diantara kita banyak yang jadi penikmat dari fenomena sunset atau pemandangan ketika matahari tenggelam. Bahkan beberapa teman saya yang sekaligus hobi fotografi, banyak melakukan perburuan sunset ke peloksok Nusantara ini. Ketika aku tanya kenapa menyukai sunset dibandingkan sunrise atau matahari muncul? Umumnya teman teman saya yang penikmat sunset ini mengatakan: sunset itu lebih romantik. Ibaratnya kita mengantar kekasih untuk pergi ke lain kota. Timbul perasaan sayang, akan merindu dan pikiran untuk besok bisa jumpa lagi. Tentu ditambah dengan berbagai pernak pernik episode romantika. Tetapi perasaan itu tidak ada ketika menyaksikan matahari muncul atau sunrise. Malah yang ada adalah kita dikejar oleh waktu dan udara yang bergerak semakin panas. Seolah kita harus segera berlari. Padahal kalau menurut saya pribadi, antara sunset dan sunrise sama sama memiliki asa yang sama. Betul, kalau sunset itu lebih ke-romantisme-nya. Sedangkan sunrise mnurutku lebih mencerminkan kepada jiwa semangat untuk mengejar mimpi-mimpi di hari ini dan yang akan dilalui.
Beberapa tempat telah saya kunjungi, namun ada tempat yang tepat di Lombok untuk menyaksikan matahari tenggelam atau sunset. Disini kita akan menyaksikan matahari bulat secara perlahan kembali ke peraduannya untuk beristirahat setelah seharian memberikan energi kehidupan kepada semua mahluk yang ada di alam ini. Tempat itu adalah di bukit Malimbu. Bukit Malimbu berada sekitar 10 km dari Senggigi yang sudah terlebih dahulu dikenal. Bukit Malimbu ini berada di jalur pelintasan antara Senggigi dan Kota Lombok Utara atau ke desa Bangsal Kec Pemenang Kab Lombok Utara (KLU). Desa Bangsal adalah pelabuhan kecil untuk menyebrang ke Gili Trawangan, Air dan Gili Meno.
Jalan mulus yang kanan kirinya masih suasana pedesaan alami dimana berderet deret pohon kelapa serta perumahan sederhana penduduk setempat. Suasana hijau dari banyaknya pepohonan di sebelah kanan dan warna birunya laut di bawah jurang sana yang berada di kiri jalan yang kami lalui. Suasananya begitu damai dan asri walaupun di beberapa tempat ada gunungan sampah dari hasil aktifitas penduduk setempat. Wisata disini masih natural tidak sehiruk pikuk seperti di Bali. Banyak turis asing yang betah dengan suasana seperti ini terutama bagi turis yang sudah lanjut usia atau para pengantin yang sedang berhoney moon. Saya sendiri lebih menyukai 'ketrentraman' seperti itu.
Bukit Malimbu dimana kami akan menyaksikan sunset adalah ujung tikungan jalan negara yang berada di tengah tengahnya antara Senggigi sampai ke Pemenang di Lombok Utara yang berada di puncak bukitnya itu. Sangat pas untuk menyaksikan kejadian sunset. Kalau kami memandang ke laut, kami kira kira berada 100 meter di atas permukaan laut (dpl) . benar benar berada di atas jurang. Sedangkan di belakang kami adalah perbukitan yang hijau yang sangat asri. Indaaaah sekali.
Ketika kami sudah berada di bukit Malimbu terlihat di depan kami di ujung sana terlihat samar puncak Gunung agung di Bali. Sedang melihat ke kanan sedikit terlihat ada tiga pulau kecil (gili) yang berderet rapi. Itulah Gili Trawangan, Air dan Gili Meno. Dimana ketiga gili itu sangat termasyur ke seluruh penjuru dunia. Dan menjadi ikon pariwisata Lombok. Keunikan dari ketiga gili itu adalah di gili itu tidak ada kendaraan bermotor. Yang ada hanya Cidomo atau dokar yang ditarik seekor kuda. Jadi benar-benar lain kan? Sekeliling depan kami adalah laut biru menghampar luas dan riak riak kecil berwarna putih terlihat berkejaran untuk segera mencium bibir pantai. Serpihan cahaya kuning kemerahan memantul dari laut karena matahari sebentar lagi akan ke peraduan. Kami sudah siap siap untuk menyaksikannya.
Begitu matahari sejengkal dari batas laut, warna dan suasana segera berubah. Kami diam tak berkata kata, terpesona akan keindahan  dan nuansa magis yang ditimbulkannya. Dan hati kami merasakan ada perbedaan dari biasanya. Matahari bulat kemerahan perlahan tenggelam dan kami seolah melepas kekasih tercinta. Begitulah kira kira ketika sunset terjadi...
Pemandangan Sekitar Jalan Menuju Bukit Malimbu
Di Sebelah Kiri, Terhampar Laut Luas
Latar Belakang Bukit Malimbu yang Hijau
Mengisi Waktu Menunggu Sunset Tiba
Menunggu Sunset Di Bukit Malimbu Lombok
Ketika Sunset Mulai Tiba
Sunset di Bukit Malimbu, Lombok
Indahnya Sunset di Bukit Malimbu, Lombok
Ohh Sunset....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar