Selasa, 17 Mei 2011

Pak Edi Ridwan (60th) Penjual Buku Bekas di Stasiun Bogor


Saya kira kita sudah tahu bahwa buku itu adalah mata air ilmu pengetahuan dan juga kita sudah mahfum semua bahwa harga buku itu masih katagori mahal untuk sebagian besar masyarakat jika dibandingkan dengan penghasilan mereka. Nah, bagi sebagian orang tua yang anaknya memerlukan buku buku pelajaran atau bagi orang yang hobi baca namun dana tidak cukup untuk beli buku baru, maka jalan lain yang dipilih adalah membeli buku bekas atau baru (tapi bukan asli) ke kios buku bekas yang biasanya di tiap kota selalu dapat ditemukan.
Di Kota Bogor, pedagang buku bekas atau baru tapi bukan asli, anda dapat menemukannya di sekitar stasiun kereta Bogor. Ada sekitar 5 penjual buku-buku tersebut, salah satunya adalah Pak Edi Ridwan seorang lelaki berusia 60 tahun. Pak Edi memulai jualan buku bekas pada tahun 1970, dimana pada waktu itu lagi ramai ramainya penjualan komik dari Yan Mintaredja, Teguh S dll. Dari dulu sampai sekarang Pak Edi berjualan buku bekas masih menempati tempat yang sama, namun walau sudah 30 tahun lebih berjualan, kondisi dagangannya, baik soal jumlah buku yang dijual maupun pendapatan sehari-harinya, ya begitu begitu saja, tidak mengalami perubahan yang berarti.
Pak Edi berjualan mulai pukul 9 pagi sampai jam 5 sore, tutup kalau hari lebaran saja dengan menempati lapak selebar 1,5 meter yang disewa dari pihak PT Kereta Api sebagai yang memiliki tanahnya sebesar Rp150.000/bulan. Pada hari libur atau Sabtu dan Minggu serta pada masa memasuki tahun ajaran baru, pembeli biasanya lebih ramai dari hari biasa. Pada hari libur, Pak Edi dapat menjual sebanyak 20 buku dari berbagai judul sedangkan pada hari biasa hanya bisa menjual buku/paling banter sebanyak 10 buah.
Pak Edi lebih senang menjual buku bekas karena keuntungannya agak lumayan bisa mencapai 30% dari harga buku, sedangkan keuntungan yang diperoleh dari menjual buku ‘baru’ (tapi bukan asli) atau buku pelajaran paling tinggi hanya 10% saja. Misal buku ensiklopedia ‘Indonesia Heritage’ yang terdiri dari 5 buku seharga Rp 250.000,-,Pak Edi bisa dapat untung Rp 50.000,- sedangkan kalau menjual buku ‘baru’ seperti buku dengan judul ‘Manusia dan Budayanya di Indonesia, karangan Koentjaraningrat  walau harganya Rp 40.000,- tapi keuntungannya hanya Rp 5.000,- saja. Rata-rata keuntungan yang diperoleh dari berbagai judul dan macam buku itu sekitar Rp 3000 – Rp10.000,- per buahnya.
Buku yang ramai pembelinya untuk katagori buku bekas adalah dari jenis novel dan pelajaran perguruan tinggi dan buku buku umum sedangkan untuk katagori buku ‘baru’ umumnya adalah terdiri dari buku buku pelajaran untuk tingkat SD sampai SMU.
Ketika saya tanya; ‘kapan perasaan senang bisa muncul selama berjualan buku bekas ini?’. ‘ketika buku yang dicari oleh pembeli tersedia di lapak saya’, begitu jawab Pak Edi sederhana.
Tapi jangan lupa lho. Tidak jarang ketika iseng membolak balik buku buku di lapak ini, ehh ketemu buku langka atau buku dengan judul yang dicari cari namun sudah tidak dijual lagi. Jadi sebenarnya seorang Pak Edi Ridwan ini banyak beramal walau dengan caranya sendiri yaitu ikut mencerdaskan masyarakat tanpa harus berkeluh kesah.
 Pak Edi Ridwan (60th) Lelaki Gigih
Berjualan Sudah 40 tahun di Lapak Milik PT KA
Lapak Disewa dari PT KA = Rp 150 rb/bln

96 komentar:

  1. selamat malam, kira-kira tau ga ya, pindah kemana penjual buku di samping stasiun bogor seperti bapa edi ridwan ini?
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. P Edi dan yg jual buku juga di sebelahnya, P Hendra, sampai saat ini masih nyari tempat baru untuk jualan lagi. Belum mendapatkan tempat yg strategis

      Hapus
    2. mas fadly kini p edi dan p hendra berjualan buku bekasnya berada di sebelah toserba matahari atau matahari swker yang ada di seberang taman topi

      Hapus
    3. Bukanya sampai jam berapa ya????

      Hapus
    4. bukanya sampai jam 4 sore, mb novi

      Hapus
  2. Dimanakah bapa berjualan sekarang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mb dara, bersyukur kini p edi dan p hendra telah buka lapak buku bekas lagi. sekarang berjualan di sebelah kanan toserba matahari atau namanya matahari swker yg berada di senerang taman topi.
      mampir ya mbak

      Hapus
    2. pak novel ajari aku menuju arus ada gak?kalo ada minat saya pak mingkin lusa ke tempat bapak.makasih

      Hapus
    3. ajari aku menuju arsy maksud nya pak

      Hapus
    4. Apa kah masih ada lapaknya ya min??

      Hapus
  3. Jl. Dewi Sartika
    Bogor Tengah
    Kota Bogor, Jawa Bar. 16124

    BalasHapus
  4. I FOUND A Clash of Clans GAME GEMS GIVEAWAY FOR ALL CLANS! http://maxclashgems.com - you receive free C-o-C gems instantly! Best clans use this!! (dS94pX4Mwu)

    BalasHapus
  5. Selamat malam mas..boleh tahu, tempat jual buku bekas sekarang masih ada ngak? saya cari di sekitar stasiun bogor tapi ngak ketemu..tk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah pindah Mas setelah ada penataan oleh pt kai. Kini Pak edi berjualan buku bekasnya di samping BRI di sebelahnya taman topi dan Pak hendro berjualan di sebelahnya toko matahari yang berada di seberang taman topi.
      Semuanya berlokasi di sekitar an stasiun kereta Bogor.
      Mampir Mas, karena sejak direlokasi, jualan buku bekas Pak edi dan Pak Hendra jadi lesu

      Hapus
  6. Makasih banyak Pak infonya, lokasinya di update terus, sangat bermanfaat, kebetulan saya lagi butuh majalah dan buku bekas.

    BalasHapus
  7. Terimakasih buat artikelnya pak, sangat membantu. Saya mau nanya pak, kalau novel novel terjemahan dijual juga tidak oleh Pak Edi? Trims sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Pak Edi yg lapaknya di sebelahnya BRI umumnya dijual majalah lama, tapi kadang kadang ada jual novel terjemahan. Kalau tidak ada di Pak Edi, coba ke lapaknya Pak Hendra, yg berada samping kanan persis Toko Matahari atau sebelum KFC

      Hapus
    2. Trims ya pak infonya. Selalu semangat buat nulis artikelnya

      Hapus
  8. Misi mas sekarang lapak nya masih ada ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih berjualan tetapi lapaknya sudah pindah ke sebelahnya BRI untuk Pak Edi, sedangkan lapak Pak Hendra ada di samping kanan Toko Matahari atau samping kirinya KFC.

      Hapus
  9. lapak nya masih ada sampe sekarang ? Saya lagi butuh buku tentang pahlawan dan penyakit untuk tugas akhir, apa kira kira ada ? Jika ada besok saya meluncur kesana, terimakasih

    BalasHapus
  10. Ada, dengan alamat baru seperti di atas

    BalasHapus
  11. Pak kalau buku TKD CAT Cpns ada nggak ya kira2? Makasih

    BalasHapus
  12. om mau tanya kira kira ada buku elemen mesin jilid 2 karanga niemann gustav ga disana?

    BalasHapus
  13. Salam,
    Buku bekas terbitan luar, khususnya buku text & buku ilmiah populer bisa ditemukan di mana ya di daerah Bogor?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau di Bogor sepengetahuan saya tidak ada. kalau di jalan kwitang di dekat senen Jakarta, pasti ada. karena buku buku bekas di beberapa daerah di supplainya dari jalan kwitang ini.

      Hapus
  14. Pak tadi saya baru sempat mampir ke lapaknya pak edi. Saya jadi ketagihan mampir lagi. Makasih untuk ulasannya yg sangat berguna ya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Shooting stars atas kunjungannya ke lapak Pak Edi

      Hapus
  15. Pak saya mau tanya, kalo buku aku karya sjuman djaya pak Edi jual ga? Kalo misalkan engga saya harus cari buku itu dmn ya pak? Tolong kasih tau saya alamat yg jelas nya pak, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. buku buku sastra ada di agency koran di jalan sancang (jalan dari Pangrango ke arah bogor baru di bogor tengah). letak agency koran ini ada di sebelah kanan jalan dari perempatan pangrango/RRI ke arah bogor baru. dan persisnya di pertigaan antara jalan sancang dan jalan malabar (jalan kecil menuju internusa).

      Hapus
    2. atau letak agency ini ada jalan terusan (terus saja ikuti jalan ini) yang berada di samping Mc Donald Pangrango

      Hapus
    3. Sekira nya buku aku itu masih ada ga ya pak? Saya masih belum paham rute yg bapak beritahu mohon di perjelas dan berikan alamat yg jelas nya ya pak, maaf dan Terimakasih

      Hapus
    4. Sosial agency (agen koran) jln sancang no 22 bogor baru. Kota bogor
      Mohon dicoba untuk jalan dulu ke tempat tsb. Kalau hanya dibayangkan letaknya dimana, akan susah ketemunya saya sdh dengan detil sekali menjelaskan letak sosial agency ini

      Hapus
    5. Terimakasih pak info nya, saya jadi ketagahian beli buka sastra di agency koran itu :)

      Hapus
    6. Sami sami. Alhamdulillah kalau sudah ketemu.
      Info tambahan Majalan TEMPO edisi 15-21 Agustus 2016 menurunkan edisi Hari Kemerdekaan, yg isinya tentang CHAIRIL ANWAR, BAGIMU MENYEDIAKAN. Lengkap.

      Hapus
    7. Assalamialaikum puntrn ada buku tentang perencanaan ga ya pak?

      Hapus
  16. Terimakasi info nya pak... saya kira sudah tidak ada..

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. mau tanya pak, kalau majalah SWA edisi tahun 2013-2015 ada tidak ya? Terima kasih

    BalasHapus
  19. Mas mau nanya untuk mencari buku text book tahun terbit 1992,seperti buku Pak Djarwanto, Soal Jawab Statistik Induktif dimana ya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di bogor/ di pak edi, buku tersebut tidak ada. Coba jalan jalan ke toko buku bekas di jln kwitang jakarta pusat. Kemungkinan di kwitang buku tsb ada

      Hapus
  20. kalau yang jual buku kesehatan atau tentang berbagai macam penyakit daerah sekitar bogor dimana yaa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalau di pak edi dan pak hendra, umumnya yg dijual adalah dari jenis buku pelajaran, buku novel populer dan buku agama. Buku kesehatan jarang ada, tapi boleh coba sambil jalan jalan nyari nyari di lapak pak edi di sebelah gedung BRI atau di Pak hendra di sebelah kanan toko matahari taman topi. Mudah mudahan pas ketemu dng buku dimaksud.
      Kalau yg jualan buku bekas di bogor selain di pak hendra dan pak edi, saya kira tidak ada lagi. Kecuali ke kwitang senen jakarta pusat

      Hapus
  21. Untuk toko pak edi dan pak hendra buka pukul berapa sampe berapa ya kak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak hendra dan pak edi buka lapaknya dari jam 9 pagi sampai pk 16 sore. Setiap hari kecuali lebaran

      Hapus
  22. Kalau mau jual buku bekas ke pak edi atau p hendra kira2 bisa gak pak ? Atau mungkin pak didi tau dimana tempat lain kalau kita mau jual buku bekas di bogor ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ke pak hendra bisa mb witri. Atau Mungkin ada pembaca yg berminat?

      Hapus
  23. Mau tanya dong, di lapak pak Edi & pak Hendra apa jual Kamus Besar Bahasa Indonesia? Atau dari pembaca ada yg mau jual? Mohon infonya. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di lapak p hendra pernah ada. Silahkan di cek ke lapaknya, mudah mudahan masih ada

      Hapus
  24. Mau tanya dong, di lapak pak Edi & pak Hendra apa jual Kamus Besar Bahasa Indonesia? Atau dari pembaca ada yg mau jual? Mohon infonya. Terima kasih.

    BalasHapus
  25. Pak mau tanya untuk buku toefl ada g ya? Terimakasih

    BalasHapus
  26. Pak mau tanya untuk buku toefl ada g ya? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada tersedia di lapak mas hendra atau di agen koran: sosial agency di jln bogor baru/jln sancang bogor. Alamat detil tertera di jawaban komentar komentar di atas ini.

      Hapus
  27. pak mau tanya kalau buku buku tentang informatika komputer kira" ada gak ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di lapaknya pak hendra ada. Silahkan mampir

      Hapus
  28. assalam'mualaikum pak. mau nanya, bapak jual novel yang berbahasa inggris ga ya? atau buku apapun yang yang berbau inggris gitu pak? makasih ya pak dijawab yaaaaa hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam, ada di lapak mas hendra di sebelah matahari taman topi.

      Hapus
    2. Ada juga di joint agency di jalan sancang/jalan bogor baru. Baik bahasa inggris maupun yg sudah diterjemahkan. Silahkan datang ya Mb Nidia

      Hapus
  29. Pak mau nanya kalo di lapak pa edy ada jual buku akuntansi biaya gak?terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayang seribu sayang buku akutansi biaya tidak ada tapi kalau buku akutansi ada baik di p edi, p hendro, maupun di joint agency di jalan bogor baru.

      Hapus
  30. Informasi tambahan mang didi....penjual buku bekas juga ada di belakang terminal baranang siang, buku otomotif sampai manajemen juga ada. tq silakan dikunjungi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih @ mas Xena Pramono atas informasi tambahannya. Apakah lokasinya di Jl. Bangka?
      Silahkan mampir bagi yg membutuhkan buku buku ke tempat ini. Saya juga ingin mampir ke lapak mas xena ini.

      Hapus
  31. Slmat sore pak,klo kamus oxford yg kcil (pocket) ada ga ya pak?klo ada hrganya kisaran brp?trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada tersedia baik di lapak pak edi maupun di lapaknya pak hendro. Harganya tidak lebih dari Rp 50 rb.
      Silahkan mampir

      Hapus
  32. Pak dsna ada buku paket bekas penjaskes SMA gak? Brpaa ? Bsk sy ksna ? Lokasi nya ya pak dbntu

    BalasHapus
  33. Pak kalau sekarang alamat tokonya dimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih di sekitaran taman topi. Sekarang lapaknya berada di pinggirnya gedung Bank BRI.
      Dan lapaknya mas hendra berada di sebelahnya Toko Matahari

      Hapus
  34. Dan kalau buku paket ipa kelas 5 jual gak pak karangan haryanto?berapa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Datang saja ke lapak buku bekas Pak Edi atau ke lapaknya Mas Hendra. Saya tidak ingat harganya

      Hapus
  35. Pak mau nanya, kalau buku pengganggaran/budgeting tahun terbitan di atas 2010 ada ga ? lokasinya dimana ya pak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh buku tsb tidak tersedia. Mesti nyari di lapak lain

      Hapus
  36. Assalamualikum, pak di lapak pak edi ada buku tentang perencanaan ga yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam. Ada di lapaknya mas hendra yg lapaknya persis berada di sebelah kanan toko matahari taman topi. Silahkan mampir

      Hapus
  37. Salam pak.. Kalau buku "mengapa departemen SDM di benci" karya steve sudjatmiko ada ga yah ?
    Saya butuh bgt buku itu.. Mohon balasannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayang sekali buku dng judul tsb tidak ada baik di lapak pa edi maupun di lapak mas hendra

      Hapus
  38. Assalamualaikum pa...klo jenis novel berbahasa inggris byk d temui d lapak pa edi/hendra y..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ada walaupun tidak banyak, baik di lapak p edi maupun di lapak mas hendra

      Hapus
  39. Assalamualaikum...klo novel bahasa inggris ada pa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada tersedia terutama yg bekas. Baik di lapak p edi maupun mas hendra

      Hapus
  40. Sore pa..kbtln ada tgs dadakan cr Kamus umum bahasa indonesia..bpk pny no hp pa edi/hendra pa, tuk konfirm ada tdkny kamus itu..mksh

    BalasHapus
  41. Pak.. saya sudah muter2, udh smpe pasar anyar. Balik lg ke stasiun, trs taman topi, trs ke sebelah matahari taman topi. Ttp ga ada lapak buku tsb.. tolong ini dmn ya? Kalau bisa no hp nya saya mau.

    BalasHapus
  42. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  43. Kalo yang buku bekas import khusus untuk anak atau balita ada gak ya pak di kota bogor? Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  44. Selamat sore pak saya coba hubungi nomer yang tertata di atas atas nama p hendra ga terhubung...
    Nomer HP nya yang mana lagi yang bisa saya hubungi pak.. saya cari buku pelayanan call center, kualitas pelayanan.

    BalasHapus
  45. permisi pak , lapak pak edi dan pak hendra apa masih ada disekitaran bri dan taman topi ?

    BalasHapus
  46. Ada lapak pak edi di depan BRi taman topi . lapak nya kecil tidak terlalu terlihat terhalang lapak2 sepatu .. Ayo di beli buku nya di pak edi. Itung itung ngebantu..

    BalasHapus
  47. Pak didi ... Mau tanya kalau saya mau jual majalah bekas seperti majalah idea dan majalah lainnya saya hatus kemana ya di bogor ini ?

    BalasHapus
  48. jual buku bacaan anak2 di toko pak edi dan pak hendra ada?kalau ada kisaran harganya berapa ya?

    BalasHapus
  49. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  50. Pak Didi, Terimakasih untuk ulasannya. Kalau mau menjual buku bekas apakah bisa ke Pak Edi dkk? Atau bapak ada saran tempat lain.. Sy punya full edisi novel Agatha Christie Bhs Indonesia, Edisi full Sherlock Holmes, Harry Potter, dan novel anak2 lainnya. Mungkin jika ada yang berminat juga bisa email ke saya langsung: deasy.rch@gmail.com.

    Thanks Pak Didi! Salam.

    BalasHapus
  51. ass. apakah lapak pa hendra msh ada? kira2 kamus oxford ada ga ya? penting sekali utk tugas sekolah. mohon infonya trims.

    BalasHapus
  52. Assalamu'alaikum..
    Pak mau tanya kalau buku tentang strategi pembelajaran dan model pembelajaran di SD ada tidak?

    BalasHapus
  53. Pak, mau tanya lapaknya pak edi sekarang dimana ya?

    BalasHapus