Jumat, 22 Juli 2011

Mencoba Steam Scallop Tausi di Jalan Pacenongan Jakarta

Sebelum masuk pintu salah satu restoran di Jln Pacenongan, kami dihadang aquarium berukuran panjang 1,5 meteran yang berisi seratusan scallop hidup atau orang kita ada yang menyebutnya kerang simping atau kerang kampak, kalau nama internasionalnya adalah Asian Moon Scallop atau latinnya Amusium pleuronectes, tentu langsung timbul bayangan bahwa di restoran ini menu spesialnya adalah menu dari scallop, tentu selain menu buburnya yang sudah terkenal lebih dahulu.
Kami pesan steam scallop tausi. Kalau tausi tentu kita kita sudah mengenalnya apalagi yang berasal dari kota Cianjur, tausi adalah tauco. Tidak berselang lama keluarlah menu yang kami pesan tersebut. Daging scallop sebesar kelereng berwarna keputihan disajikan di atas cangkang kerangnya. Untuk ukuran saya, ini artinya kalau makan scallop cuma untuk sekali suap saja. Tentu persoalannya adalah saya tidak bisa berlama lama memainkan lidah untuk mengecap bagaimana rasa sejadi dari menu scallop ini.
Scallop atau kerang kampak ini didapat dari perairan Kepulauan Seribu dan dari perairan sekitar Lampung, yang tidak jauh jauh amat dari Kota Jakarta. Sebelum dimasak, scallop ditempatkan disuatu tempat dengan air mengalir, dimana dengan metoda ini diharapkan segala kotoran yang menempel maupun yang ada di dalam tubuh scallop bisa terbuang keluar. Kemudian dimasak sesuai menu pesanan. Pesanan kami adalah steam scallop tausi, maka daging scallop itu dicampur dulu dengan tausi atau tauco dan sedikit minyak serta bumbu bumbu standar lainnya kemudian di steam bersamaan. Setelah masak, daging scallop ditaruh di atas cangkangnya kemudian ditaburi irisan cabe dan daun bawang serta bumbu-bumbu lainnya.
Nah, setelah saya suap dan rasakan di lidah dalam hitungan detik, yang dirasakan saya adalah sensasi rasa tauco dan pedasnya, kalau rasa scallopnya, itu sudah tidak tertinggal, hilang tertutup cabe dan tausi. Ohh... sayang, scallop seharga Rp 20 ribu per bijinya itu hanya terasa cabai dan tauconya saja.
Scallop atau Kerang Kampak atau Kerang Simping
Scallop ini Didatangkan dari Perairan Kep Seribu dan Lampung
Saya Pilih Menu Steam Scallop Tausi
Satu Porsi Steam Scallop Tausi, hanya untuk satu suapan saja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar