Selasa, 30 Agustus 2011

Sedapnya, Soto ‘Asli Lama’ Sokaraja

Kami setiap melewati Kabupaten Banyumas di jalur selatan Jawa Tengah, tidak lupa untuk mampir di warung soto khas Sokaraja yang banyak bertebaran disana. Warung soto yang rata-rata memiliki label yang sama antara satu dengan yang lainnya, yaitu warung soto ‘asli lama’. Kemudian untuk merk dagang masing-masing tinggal ditambahkan; Pak Suradi, Pak Marwadi, Kecik, dll. Memang, agak membingungkan warung soto mana yang ‘asli dan lama’ itu yang sebenarnya? Tapi itu tidak menjadi masalah, yang penting kami dapat menikmati soto Sokaraja.
Soto Sokaraja sangat khas dibanding soto-soto lainnya yang banyak dihidangkan di daerah Jawa Tengah ini. Soto Sokaraja adalah soto bening bukan soto santan seperti soto Betawi. Jadi tidak terlalu berat dan lebih segar. Daging sotonya ada dua acam, daging sapi atau daging ayam, tetapi soal bumbu dan kuahnya menggunakan racikan yang sama. Kami lebih suka dengan soto daging sapinya. Rasa daging sapi akan menyatu dengan rasa bumbu dari soto ini. Berbeda kalau menggunakan daging ayam, dimana antara rasa daging ayam dan bumbunya seolah kurang ‘menyatu’. Soto Sokaraja diramu dari bumbu-bumbu yang dihaluskan dan ada juga yang cara ditumis. Bumbu-bumbu itu adalah bawang putih, bawang merah, merica, kemiri, kunyit, jahe lengkuas, serai dan kecap manis. Bahan utama lainnya adalah soun yang telah lunak, kecambah/toge pendek, seledri, krupuk udang warna warni, dan sambal kacang. Soto Sokaraja disajikan dengan ketupat namun ada juga yang memilih dengan nasi. Kami pilih yang ‘asli dan lama’ saja yaitu dengan ketupat.
Ketika kami cicipi soto Sokaraja ini yang segera muncul di lidah ini adalah rasa segar dan rasa manis yang kuat dari kecap ditambah sensasi rasa dari kecambahnya yang ukuran porsinya cukup banyak dan sensasi rasa kerupuk yang sudah melepuh karena tenggelam dalam kuah soto kemudian ditambah rasa pedas dari sambal kacang.
Sungguh sedap soto Sokaraja yang seporsinya cukup 
Rp 12 ribu saja ini. Jangan lupa untuk mampir mencicipi soto Sokaraja, apabila melewati Banyumas.
Deretan Warung Soto 'Asli Lama' di Sokaraja,Banyumas
Salah Satu Warung Soto 'Asli Lama' di Sokaraja,Banyumas
Bahan Soto Sokaraja; Kecambah, Daging sapi/ayam, bumbu kacang dan kerupuk
Seporsi Soto Sokaraja =Rp 12 rb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar