Senin, 19 September 2011

Empal Gentong Bu Darma di Cirebon, Memang Sedap


Empal gentong memang salah satu panganan pavorit bagi masyarakat Cirebon. Empal gentong perpaduan gulai dan soto dengan kuah santannya yang kental terasa sekali. Kemudian ditambah rasa kuat yang timbul dari lemak (bahasa setempat: gajih). Daging atau jeroannya sangat empuk sekali. Dan syarat lain yang dipakai agar rasa khas sedap itu muncul adalah dengan menggunakan kayu bakar dari pohon asem untuk menghangatkannya (kalau statement ini, saya kurang mempercainya). Lemak itu memang bahan wajib yang harus ada dalam sebuah menu empal gentong. Sehingga rasa sedap yang tertinggal di lidah setelah selesai menyantap empal gentong adalah rasa santan dan lemak itu. Empal itu sendiri adalah penyebutan untuk potongan daging, jeroan, dan lemak sapi itu, berbeda dengan penamaan empal untuk masakan sunda. Empal dalam menu sunda adalah potongan daging sebesar tiga jari yang sudah digoreng kering dengan bumbu ketumbar yang kuat.
Asal muasal empal gentong seperti halnya soto, berasal dari kuliner daratan China. Dimana kita ketahui bersama wilayah pesisiran Cirebon sangat dipengaruhi kebudayaan China. Istri dari Sunan Gunung Jati, salah satu dari penyebar agama Islam di Nusantara dan tinggal di pesisiran Cirebon adalah keturunan China. Kalau sekarang cara menebak bahwa empal gentong itu memang berasal dari China adalah dari penggunaan sambalnya yaitu berupa bubuk cabai kering setengah halus.
Dimanakah empal gentong di Cirebon yang paling sedap? Setelah berkeliling mencicipi empal gentong yang banyak dijajakan di berbagai sudut kota, utamanya di daerah plered, maka saya menyimpulkan empal gentong Bu Darma yang berlokasi di Jalan Slamet Riyadi no 1 Cirebon adalah no 1 sedapnya. Lokasi empal gentong Bu Darma tepatnya dari Stasiun kereta Kejaksan (di Jalan Siliwangi) arah ke Gunung Jati atau arah ke Cirebon Barat, kemudian bertemu lampu merah pertama, dan itulah pertigaan Jalan Siliwangi dengan Jalan Slamet Riyadi dan di sebelah Bang BTN itulah tempatnya. Tempatnya sederhana namun empal gentong Bu Darma ini yang buka mulai jam 07.30 sampai siang hari saja, banyak pengunjungnya. Kami saja sampai harus menunggu tempat duduk untuk bisa menikmati menu khas Cirebon ini.
Harga satu porsinya empal gentong di Bu Darma = Rp 10.000,- itu sudah plus nasi. Sedangkan kalau pakai lontong, harga seporsinya Rp12.000. sesekali coba dech menu dari Cirebon ini. Dijamin sedap.
Tempat Empal gentong di Jln Slamet Riyadi No 1 di Sebelah Bank BTN
Bu Darma Sedang Menyiapkan Hidangan Empal Gentong
Mengiris Daging dan Jeroan Sapi untuk Semangkok Empal Gentong
Saya lebih Suka Dagingnya Saja
Gentong Yang Jadi Ciri Khas untuk Menghangatkan Menu Empal Gentong
Kayu Bakar Dari Pohon Asem Jadi Syarat Untuk Memasak Empal Gentong
Satu Porsi Empal Gentong = Rp 10.000,-
Kami Suka Empal Gentong

2 komentar:

  1. Empal gentong BU DARMA ASLI pindah ke samping pom bensin yos sudarso, seberang gedung negara, tempat yang lama pengelolanya orang lain membeli label MANG DARMA, rasanya pasti jauh berbeda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suwun Mas Hari atas updating informasinya. Perlu saya tulis ulang dan tentu dng foto fotonya yg di tempat baru

      Hapus