Kamis, 08 Desember 2011

Manado, Tempat Menikmati Kuliner Serba Ikan



Kalau pergi ke Manado tanpa mencicipi kuliner ikan, tentu tidak ‘afdol’. Karena Manado dan umumnya wilayah Sulawesi dikaruniai sumberdaya perikanan yang begitu besar. Teman-teman dari Manado, kalau makan pasti menunya yang dipilih adalah ikan, mereka kurang menyukai masakan dari daging kambing atau sapi. Maka bisa dipastikan semua restoran maupun warung makan kaki lima menyajikan menu dari ikan. Berikut ini adalah tempat favorit menikmati kuliner ikan di Kota Manado dan ini apa yang diketahui saya saja.
Pada pagi hari, kalau mau menikmati bubur Manado yang sudah terkenal itu karena banyak sayurannya serta makanan semacam bakwan yang berwarna coklat kehitaman yang terbuat dari ikan cakalang dan orang Manadonya menyebutnya –nike-, tempatnya yang paling tepat adalah di Jalan Wakeke, disitu ada rumah makan Pelangi, Dego-Dego dan lain lain. Makan bubur Manado atau tinutuan bersama nike, wah sedapnya bukan main, ‘pas’ rasanya.
Makan siang, nah kalau ini banyak pilihannya, bisa ke Restoran Mapanget di Jalan Bandara Sam Ratulangi atau di Restoran Bumbu Den di dekat stadion Klabat. Menu utama di restoran Mapanget dan menjadi pilihan pengunjung yang sering didatangi oleh rombongan pejabat pusat atau daerah adalah ikan mas bakar atau ikan mas goreng, yang bisa ditemani sambal dabu-dabu atau juga dimasak rica-rica. Ukuran ikan masnya tidak terlalu besar dan rasa ikannya tidak bau tanah serta pedesnya pas betul. Saya sendiri bisa melahap 2 ikan mas sekali datang ke tempat ini. Disini nafsu makan menjadi bertambah karena suasana tempat makan berada di atas kolam dan dikelilingi oleh bermacam bunga anggrek yang menggantung rapat di tiap sisi tempat makan.
Kalau di restoran Bumbu Den, ikan mas yang disajikan berukuran besar yang bisa untuk santap bertiga. Menu masaknya sama dengan di Mapanget, hanya saja disini rasanya lebih pedas dan lebih berbumbu. Pengunjung yang datang ke tempat ini, kebanyakan secara berombongan bersama keluarganya.
Bagaimana untuk santap malam? Kalau anda datang berdua atau berempat, datanglah ke Restoran Angle Fish di seberang bulovard. Disini menunya hanya menyediakan ikan tude bakar. Dalam satu porsi ikan tude, itu terdiri dari dua ikan tude yang berukuran tidak terlalu besar. Walaupun ukuran masing-masing tude tidak besar tetapi kalau soal rasa, wah jangan ditanya dech. Sesuai dengan sedapnya tude disini maka tempat ini selalu ramai dikunjungi tamu. Anda kadang harus antri untuk mendapatkan tempat duduk disini. Lalu tempat santap lainnya dimana? Dari bulovard tinggal lurus mengarah ke pantai Malalayang. Disana banyak pilihan tempat makan. Di sebelah kiri berderet-deret tempat ikan bakar yang tempatnya sederhana tetapi rasanya sangat gurih, nikmat dan sedap. Di tempat ini anda tinggal memilih jenis ikan apa yang mau disantap serta yang berukuran berapa di tempat pembakaran ikannya. Pilihan ikannya, ada ikan kakap, barongang, kerapu, bawal, tude dan banyak lagi lainnya. Harga satu ekor ikan bakar berkisar antara Rp 30 ribu sampai Rp 50 ribu, tergantung jenis dan ukuran ikannya. Nah kalau di sebelah kanannya yang berada di atas bibir pantai, anda akan menemukan banyak sekali restoran-restoran ikan yang ‘elit’, ada yang namanya restoran, Nelayan, Ria Rio, Extra City, dan lain-lain. Kalau di restoran restoran ini, ikannya kita milih sendiri kemudian ditimbang lalu pesan dimasak apa, apakah goreng, bakar, saus singapur dan lainnya. Tentu karena restoran-restoran disini termasuk restoran ‘elit’ maka harganyapun mengikuti tampilan.
Jalan Wakeke di Manado tempatnya tinutuan
Sarapan di Restoran yang ada di Jalan Wakeke
Mie Cakalang yang Sedap
Nike yang gurih
Suasana restoran Mapanget
Ikan mas bakar di Restoran Bumbu Den
Ikan bakar di Malalayang
Udang ronggeng goreng di Malalayang
Suasana makan malam bersama di Malalayang

5 komentar:

  1. Saya Minta ijin untuk Copy Artikel ini di website kami www.cybersulut.com/5707073

    terima kasih :)

    BalasHapus
  2. Dengan senang hati, silahkan Pak.

    BalasHapus
  3. senang gak mau cari makanan halal di sini?katanya ramai kristen di situ si..

    BalasHapus
  4. wah tampaknya enak sekali suguhan menu makannya. jadi selera makan besar,nih. terimakasih ya sobat udah share. salam kenal dari bali

    BalasHapus
  5. Salam kembali belajar bisnis afiliasi, di bali masih jarang warung atau restoran yang menyediakan menu Manado, padahal ayam atau ikan rica rica bisa sebanding dengan masakan ayam/ikan betutu. Terima kasih atas kunjungannya.

    BalasHapus