Rabu, 21 Desember 2011

Mengunjungi Museum Patung Lilin Madame Tussauds di Hollywood

Museum patung lilin dari bintang film, musisi, olah ragawan, pelaku kriminal kesohor, dan politikus didirikan oleh Marie Tussaud yang terlahir dengan nama Marie Grosholtz tahun 1761 di Perancis. Ibunya Marie Tussaud adalah pembantu rumah tangga pada keluarga Dr. Phillipe Curtius, seorang dokter yang mahir dalam pembuatan patung lilin. Curtius mendidik Tussaud agar menjadi pematung lilin juga. Curtius meninggal tahun 1794 dan koleksi patung-patung lilinnya diserahkan kepada Marie Tussaud. Kemudian sebagai akibat perang Ingris-Perancis, Marie Tussaud pindah ke Inggris. Pada tahun 1735, Tassauds memiliki tempat pameran patung-patungnya secara permanen di Baker Street London. Tempat itulah pertama kalinya museum patung lilin Madame Tussauds berdiri. Kini museum yang telah punya cabang di Hongkong, Amsterdam, New york, Hollywood dan lainnya, telah menjadi tujuan wisata yang menarik. Museum Madame Tassauds yang sebelumnya dimiliki oleh Tassauds Grup, sejak tahun 2007 telah diakuisisi oleh perusahaan wisata bernama Merlin Entertainments.
Yang baru saya kunjungi adalah museum Madame Tussauds di Hollywood, dimana sebelumnya saya telah mengunjunginya yang berada di Hongkong dan Amsterdam. Museum Madame Tussauds di Hollywood berada di persis di sebelah kiri Kodak Teatre, tempat yang sangat terkenal karena tiap tahun disitu dijadikan tempat penganugrahan Academy Award bagi para pekerja film. Masuk museum ini dikenakan biaya $25 per orang. Kemudian kita diarahkan untuk naik lift langsung ke lantai 3, yang ternyata untuk menikmati patung-patung ini harus disusuri mulai dari yang teratas terlebih dahulu.
Begitu masuk ruang pamer patung lilin yang disambut oleh patungnya Madonna, Lady Gaga, Jenifer Lopes, Brad Pitt dan lainnya, bulu kuduk saya langsung jadi merinding. Bagaimana tidak? Patung itu dibuat sangat detil sampai kepada bintik kulit dan matanya yang hidup. Sangat mirip dengan aslinya, yang membedakan hanya patung ini tidak punya nyawa.
Jumlah patung lilin seutuh badan aslinya, jumlahnya mencapai hampir 100 patung yang didominasi oleh patung para bintang film, kemudian ada patung Beckham, Tiger Wood, Obama dan lainnya. Hal lain yang menarik lagi adalah masalah tinggi badan, ternyata Justin Timberlake itu tingginya engga jauh berbeda dengan orang indonesia, memang kalau Bruce Willis itu orangnya tinggi besar mungkin tingginya hampir 2 meter. Kita kalau mau lihat mukanya pasti harus mendongak jauh ke atas. Terlalu banyak untuk mengingat dan menelaah informasi perjalanan kehidupannya di balik patung-patung itu. Kami 2 jam berada di museum ini hanya bisa menikmati 10 patung beserta informasinya.
Saya sungguh sangat terkesima dengan patung-patung ini. Ini adalah karya seni yang sangat tinggi, yang menunjukkan akan tingkat budayanya. Tidak rugi sekitar Rp 250rb untuk tiketsekali masuk ke museum Madame Tussauds ini. 
Pintu masuk museum Madame Tussauds di Hollywood
Pendiri museum, Marie Tussaud
Sekelumit informasi Marie Tussaud
Detil dari Britney Spears
Tato di tangan Britney Spears
Marlene Dietriech
Mana asli mana patung?
Mana pengunjung mana patung?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar