Jumat, 16 Maret 2012

Sedapnya Soto Mang Bonin di Bogor

Bogor memang gudangnya kuliner, sedap-sedap lagi. Contohnya perihal sajian soto. Di Bogor ada beragam soto, apakah soto bening atau soto santan. Ada soto mi, ada soto kuning, ada soto bogor dan lainnya. Soto yang memang asal usulnya dari negeri China, sehingga para penjaja soto di Bogor, mengambil tempatnya di sekitar pemukiman warga keturunan China, seperti di sekitaran Gang Aut di Jalan Suryakencana, Kota Bogor. Disini dikenal dengan soto pak Salam,soto Pak Bongkok, soto kuning Gang Aut dan masih banyak yang lainnya lagi.
Yang ingin saya ceritakan soto yang satu ini adalah soto yang begitu ramai didatangi para penggemarnya dan tidak berada di sekitaran Gang Aut. Soto Mang Bonin namanya yang berada di Jalan Semboja (Kota Paris) di Bogor Tengah. Jadi kalau dari terminal bus Baranang Siang terus laju ke Jembatan Merah Jalan Merdeka atau arah jalan yang menuju kampus IPB Darmaga, pas di Jembatan Merah ambil kanan kemudian ketemu Pasar Mawar, terus kalau lurus berarti ke Jalan Semeru dan ke kanan ke Bioskop Presiden, disini ambil kiri masuk jalan kecil (ini yang disebut kampung Kota Paris). Tenda warung soto Mang Bonin letaknya persis di pinggir sungai / irigasi Cidepit yang airnya mengalir agak deras.
Sudah sekitar lima tahunan Soto Mang Bonin berjualan dan sekarang dikelola oleh anak anaknya. Soto-nya sendiri adalah soto bening daging sapi dengan bumbu yang tidak berbeda dengan soto bening lainnya. Yang membedakannya adalah porsi daging sapinya cukup banyak dengan rasa yang empuk serta adanya pemakaian karoket atau risoles yang didalamnya berisi bihun. Karoket ini umum digunakan pada menu soto mi tetapi hampir tidak ada penjual soto daging bening yang menambahkan karoket ini. Inilah sensasinya. Soal rasa memang sedap sekali. Susah membandingkannya dengan soto bening lainnya. Hanya saja, seperti halnya makanan lainnya dari daerah Jawa Barat, rasa kadar asinnya lebih tinggi.
Soto Mang Bonin, buka mulai jam 7 pagi sampai jam 4 sore dan setiap harinya setidaknya 300 mangkok terjual habis, apalagi kalau hari Sabtu, Minggu atau hari libur, bisa menghabiskan 2 kali lipat porsi sehari-hari. Jelas terlihat dari para penyuka soto Mang Bonin ini untuk antri menunggu kursi kosong.
Harga satu porsi soto bening ini adalah Rp 10 rb saja dan ini sudah termasuk nasi. Yuk ke Bogor untuk nyoba soto bening nan sedap ini.
Warung Tenda Soto Mang Bonin di Jln Semboja, Bogor
Seragam Crew Soto Mang Bonin
Kesibukan Melayani Pembeli
Hmm yummi, Soto Bening Daging Sapi Mang Bonin
Penambahan Karoket atau Risoles yang Bikin Sensasi Soto Mang Bonin
Penuh oleh Pengunjung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar