Sabtu, 31 Maret 2012

Wisata Puncak di Bogor Sebenarnya Menarik, Namun Aksesnya Yang Perlu Ditata

Wilayah Puncak di Bogor sebenarnya menarik, makanya wisatawan lokal masih berbondong-bondong untuk mendatanginya walaupun mereka sudah tahu bahwa jalur ke Puncak itu pasti –macet-. Wilayah Puncak memiliki udara yang sejuk dan banyak tempat-tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.
Kalau seumpama wilayah dan pemandangan Puncak ada di negara lain, saya kira negara itu akan habis-habisan untuk mempromosikan sebagai salah satu tujuan wisata andalannya dan tentu akan membuat membuat para pengunjungnya merasa dimanjakan dengan memberikan perjalanan yang nyaman dan waktu tempuh yang normal dengan memenuhi hak-haknya akan kebutuhan visual pemandangan yang indah sepanjang perjalanannya.
Saat ini sepanjang jalan Pucak, mulai dari Simpang Gadog Ciawi sampai Ciloto Cianjur dipenuhi oleh berderet-deret warung-warung kumuh yang kemungkinan keberadaannya ilegal dan menyalahi ketentuan sempadan jalan yang sama sekali tidak sedap dipandang mata dan tentu saja menghalangi pemandangan yang bagus yang ada di balik warung itu.
Warung-warung kumuh yang tidak estetik tersebut selain menutup keindahan yang harusnya dapat dinikmati masyarakat juga berdampak terhadap kelancaran lalu lintas yang melewati wilayah Puncak ini karena pengunjung warung-warung tersebut akan menghambat arus lalu lintas di sekitarnya.
Kiranya Pemerintah Kabupaten Bogor dan Pemda Kab Cianjur untuk menata kembali jalur ini dengan cara memberikan tempat bagi warung-warung secara terkonsentrasi di suatu tempat sehingga ekonomi masyarakat tidak terganggu, estetika dapat terpenuhi, dan kelancaran lalu lintas dapat dijaga. Kalau itu terpenuhi maka wisatawan akan lebih banyak lagi yang akan datang ke tempat ini dan tentu akan membawa kesejahteraan kepada masyarakat sekitar Puncak ini.
(Gunung Mas - Puncak Bogor, 31 Maret 2012)



Berikut adalah foto-foto yang tidak mungkin terlihat dari jalan raya karena tertutup warung-warung:
Pemandangan dari balik restoran Rindu Alam
Pemandangan di balik warung di Ciloto
Kebun sayur di balik warung di sekitar Puncak Pass
Akibat tidak tertatanya Sempadan Jalan:
Akibat Sempadan jalan yang tidak tertata; kemacetan dan pemandangan terhalang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar