Minggu, 08 April 2012

Yuk, Melihat Penangkaran Burung di daerah Ciapus-Gunung Bunder, Bogor

Saya bukan pehobi burung, tapi karena tercengang akan harga-harga burung berkicau yang selangit, maka saya sempatkan berkunjung ke salah satu tempat penangkaran burung di Jalan Raya Ciapus, Tamansari, Gunung Bunder, Kabupaten Bogor. Jadi mohon maaf kalau tulisan ini banyak salahnya.
Penangkaran burung yang dimiliki oleh Yayasan BnR atau Boy dan Rekan ini berada di Jalan Raya Ciapus, sebelum masuk daerah Curug Nangka atau tempat wisata Gunung Salak Endah di kecamata Tamansari. Kalau dari Kota Bogor, ambil rute Empang, Ciomas, Ciapus, terus ke tempat Wisata Gunung Salak Endah. Tempatnya tidak mencolok seperti rumah biasa saja, hanya saja gerbangnya dihiasi oleh beberapa patung burung elang.
Kami berkunjung informal artinya mendadak namun tetap dilayani engan sangat ramah oleh Mas Kris dan kawan-kawannya. Tentu kami harus menjaga aturan sebaik mungkin untuk masuk penangkaran burung ini, karena kami sadar kalau kami gegabah bisa berakibat fatal terhadap burung-burung yang sangat mahal-mahal yang ada di penangkaran ini.
Beberapa jenis burung yang ditangkarkan di BnR ini adalah diantaranya; cucak rawa, kacer, murai batu, lovebird, dan lainnya. Mas Kris menerangkan bahwa jenis burung yang paling favorit disini adalah murai batu dan itu karena faktor indah kicauannya yang tentu diikuti oleh harga dari burung tersebut.
Burung jenis murai batu, mulai dikawinkan pada umur 1 ½ tahun, namun di daerah Bogor, murai batu ini kurang bagus untuk ditangkarkan karena jenis burung ini lebih menginginkan udara panas seperti halnya di habitat aslinya di hutan Sumatera Utara. Harga anakan murai batu yang berumur 2 bulan yaitu Rp 8 juta, yang berumur 1 tahun = Rp 15 juta, dan kalau sudah jadi tapi belum dapat juara lomba burung berkicau itu sekitar Rp 30 juta-an. Kalau yang sudah pernah mendapat juara dalam perlombaan, itu harganya jadi gelap, karena bisa mencapai ratusan juta rupiah.
Untuk jenis cucak rawa, burung ini mulai dikawinkan pada umur 2 tahun, dan tiap bulan burung ini bisa bertelur. Dari telurnya saja, bisa ditebak apakah kelak menjadi jantan atau betina. Kalau bentuk telurnya lonjong itu mendakan akan menjadi jantan dan kalau bentuknya hampir bulat, itu berati kelak akan jadi betina. Harga induk cucak rawa =Rp 20 uta/pasang, anakan umur 6 bulan seharga Rp 6 juta. Burung cucak rawa mulai bisa berkicau umur 1 tahun dan dapat hidup selama 15 tahun dengan berkicau terus. Cucak rawa asal usulnya banyak dari hutan Kalimantan.
Burung jenis love bird yang lebih mirip dengan burung betet banyak jenisnya ada yang lokal, taiwan, dan holland. Jenis holland yang paling diminati penggemarnya. Warna burung beraneka dan indah-indah walaupun burung ini masuk jenis burung berkicau bukan burung hias.
Burung-burung yang ditangkarkan disini dikasih makan jangkrik, pagi dan sore. Burung yang lagi dikawinkan itu diberi jangkrik sebanyak 50 ekor/pasang/hari. Sedangkan yang tidak ditangkarkan hanya dikasih jangkrik 20 ekor saja setiap harinya. Selain jangkrik juga dikasih kroto dan ulat hongkong.
Burung-burung hasil penangkaran selalu ditandai dengan adanya pin di salah satu kakinya. Pin tersebut selain akan mempermudah informasi asal usulnya, juga meningkatkan harga jualnya.
Saya yang bukan pehobi burung saja bisa berlama-lama menikmati tempat ini karena banyak dapat ilmunya selain rekreasi, apalagi bagi pehobi burung ya?
Penangkaran burung ini terbuka untuk umum, kalau mau berkunjung berombongan-pun bisa. Yuk, ke Bogor
Penangkaran Burung Boy dan Rekan di Taman sari-Gunung Bunder, Bogor
Mas Kris menerangkan dengan detil proses penangkaran burung
Jenis cucak rawa, salah satu favorit ditangkarkan
Proses memperkenalkan jantan dan betina
Kamar tempat saling diperkenalkan antar jantan dan betina
Kandang tempat mengawinkan burung jenis murai batu
Pin yang akan dipasang pada kaki burung hasil penangkaran

18 komentar:

  1. halo pak, burung di penangkaran bnr ini dijual tidak?


    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. dijual mas, silahkan datang ke tempat tersebut

      Hapus
  2. malam om, minta izin menggunakan photo photonya ya om buat blog saya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan mas. Jangan lupa mencantumkan sumbernya

      Hapus
  3. halo om,saya bisa minta daftar harga burung d penangkarannya ? tolong d email aja om klo bisa ke levin.elbaith@yahoo.com terutama harga burung kacernya ya om,sebelum dan sesudah saya ucapkan trims

    BalasHapus
  4. Bisa minta daftar harga sepasang anakan dari burung yang Bapak tangkarkan.tolong jawabannya bisa kirim lewat email ke dedjehs@gmail.com.terimakasih.

    BalasHapus
  5. Bisa minta daftar harga sepasang anakan dari burung yang Bapak tangkarkan.tolong jawabannya bisa kirim lewat email ke dedjehs@gmail.com.terimakasih

    BalasHapus
  6. mlm pak,klw boleh tau,harga nya love bird,albino yg uda pacaran.brapa duit ya pak ?tlng d info ya pak,sekalian ama ongkir nya...

    charlesbolon09@gmail.com

    BalasHapus
  7. saya pesen lovebirdh klp sepasang yg dah siap kawin harga ya berapa ya

    BalasHapus
  8. mau beli lovebird pd mahal mahal harga nya, tar ujung2 nya spt ikan louhan dan aglonema. smua harga nya jat jut jat jut.

    BalasHapus
  9. om minta darftar harga burung murai medan trah jawara nnya om kirimkan ke email aku yah om anugroho114@yahoo.com

    BalasHapus
  10. Maaf om,,,
    kalo berkenan mohon kasih info harga MB medan & Aceh
    anakan uda yg uda matuk

    BalasHapus
  11. Mas Didi, saya dari Bali mau penjelasan sedikit mengenai BnR, apakah Yayasan BnR yang ada di Malang dan yang di kelola oleh Mas Agus Wahyudi itu mitra usaha Mas Didi juga? mohon penjelasannya mas. Matur nuwun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. P Pariyasa saya hanya menuliskan kunjungan saya ke BnR karena menarik saja. saya hanya pengunjungnya

      Hapus
  12. Pak didi salidi minta alamat lengkap penangkaran sama nomer hp yang bisa dihubungin.
    Ke betulan saya orang bogor.
    Kalo ada yang jual mb medan jantan daerah bogor.
    Hub. 087873942224

    BalasHapus
  13. Pak..Maaf Burung Nuri kira2 harga nya berapa ya pak..
    081273587020

    BalasHapus
  14. mohon info harga anakan murai medan kira2 umur 3 bulan..081219715689

    BalasHapus
  15. Sore pa Didi,mohon minta alamat lengkapnya dan no hp yg bisa dihubungin, kirim ke email : ferdi_setiawan72@yahoo.com no hp sy 081289651972,sy mau cari anakan burung cucak rowo yg bagus apa ada pa ? thank you

    BalasHapus