Kamis, 21 Juni 2012

Ikan Sembilang Cabe Ijo,Kuliner Khas Tanjung Pinang

Apabila anda jalan-jalan ke Tanjung Pinang, Kepulauan Riau,dan mencari kudapan khas kota ini, tentu akan banyak ragam yang akan anda temui terutama kuliner khas Melayu. Saya akan pilihkan satu jenis makanan saja yang memang khas Melayu tapi yang ini dari ikan laut, dimana umumnya masakan khas Melayu berbahan dari ikan sungai. Mungkin karena Pulau Bintan dimana Tanjung Pinang berada tidak memiliki sungai air tawar yang besar, kalaupun ada topografi yang membentuk seperti sungai tetapi itu adalah aliran laut yang menjorok ke daratan.
Tempat makan atau kedai makan yang akan saya ceritakan ini adalah  kedai makan ‘Sarbana’ yang berada di pinggir laut yang terhalang ‘Tanjung Lanjut’ dan melewati perumahan-perumahan yang baru dibangun dengan jalan masuk yang tidak lebar. Tepatnya letak kedai makan Sarbana ini adalah di Jalan Sultan Sulaiman (Kampung Bulang Laut). Di depan ‘Sarbana’ ini adalah laut yang selebar 1 km yang seolah membentuk sebuah teluk. Airnya tenang dan cukup jernih walaupun di sisi laut ini berdiri perumahan penduduk yang sesekali diselingi oleh bangunan pabrik kecil atau bangunan galangan kapal.
Di kedai makan Sarbana disajikan hanya 5 jenis menu masakan saja, yaitu: ikan sembilang cabe ijo, ikan sembilang asam pedas, gonggong, ikan kakap merah asam pedas, dan sayur kangkung serta sayur kailan. Hanya itu. Keuntungan bagi kami dengan sedikitnya daftar menu yang tersedia adalah lebih fokus terhadap rasa makanan yang kami pesan. Berbeda kalau disajikan begitu banyak jenis makanan yang disajikan di satu meja di hadapan kita, seperti halnya penyajian yang umum dilakukan oleh rumah makan Padang dan rumah makan khas Melayu, menjadikan kami kurang dapat merasakan keotentikan rasa dari salah satu hidangan karena rasa makanan satu dengan lainnya akan tercampur. Yang utama kami pesan adalah ikan sembilang cabe ijo, seperti halnya meja yang terdapat di kanan kiri kami yang penuh oleh para pengunjung, mereka-pun memesan ikan sembilang cabe ijo. Ikan sembilang ini adalah jenis dan bentuknya-pun sama persis dengan ikan lele yang ada di air tawar. Bedanya dari ikan sembilang ini adalah hidup di air laut dan memiliki rasa yang lebih gurih dan kenyal.
Kami pesan satu porsi. Ternyata tampilan menu tersebut sama seperti pecel lele yang biasa kami temui. Ikannya-pun dimasak dengan digoreng juga. Setelah kami santap; waw, rasanya gurih, lebih kenyal tidak mudah hancur, dengan tentu pedes cabe ijo dan rasa wangi bawang putih terasa sekali di lidah ini. Teman kami yang menyantap menu ikan sembilang ini-pun berkomentar sama dengan keringat yang mengucur dari sekitar keningnya, saking begitu lahap antusias untuk menyantap ikan sembilang yang terdiri dari 4 ekor goreng yang berlumur irisan cabe ijo itu. Kelahapan menyantap ikan sembilang cabe ijo ini makin menjadi-jadi karena di luar turun hujan dengan derasnya dan angin laut bertiup cukup kencang.
Puas benar kami merasakan masakan ikan sembilang cabe ijo ini. Mantap rasanya, apalagi harga satu porsi ikan sembilang cabe ijo hanya Rp 36 ribu, - yang terdiri dari 4 ekor. Silakan coba dech.
Kedai Makan Sarbana yang Menyajikan Ikan Sembilang Cabe Ijo
Satu Porsi Ikan Sembilang Cabe Ijo
Saking Gurih dan Sedapnya Menu Ikan Sembilang ini, Nambah..terus
Di Luar Kebetulan Hujan Deras dan Angin Kencang, Nambah Kenikmatan Saja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar