Rabu, 26 September 2012

Memandangi Patung Liberty di New York City


Patung raksasa dari perunggu yang dibuat di Perancis dengan nama patung Liberty yang berada di muara sungai Hudson, New York City adalah salah satu lambang Amerika Serikat tentang kemerdekaan dan kebebasan dari belenggu dan tekanan. Patung Liberty diresmikan pada tanggal 28 Oktober 1886 dan sampai saat ini masih berdiri gagah sempurna dan menjadi salah satu tujuan wisata yang menarik di Amerika.
Saya masuk kawasan patung Liberty dari New York Harbour dekat dengan komplek gedung WTC. Kami pilih naik ferry yang antar jemput seharga US$29 per orang. Dimana dalam paket ini, kami diantar ke tempat patung liberty berada dan  turun. Setelah puas menikmati patung Liberty kami pulang kembali ke harbour keberangkatan dengan ferry yang sama. Paket lainnya adalah New York Water Taxi dimana para turis tidak turun dari feery hanya menikmati dan berfoto dari atas feery ini di enam titik wisata termasuk patung liberty nya. Tiketnya lebih mahal justru yaitu seharga US$31 per orang untuk 1,5 jam perjalanan wisata.
Dalam perjalanan ferry yang nyaman ini kami disuguhi pemandangan laut dan kota Manhattan yang seolah timbul di atas permukaan laut. Indah sekali. Sesampainya di kepulauan Ellis, dimana patung Liberty berada kami turun. Pada tahun 1882 sampai dengan 1924 melalui Ellis Islands ini, lebih dari 12 juta imigran masuk ke Amerika. Makanya kenapa patung Liberty ditempatkan di Ellis Islands ini.
Kami para penumpang turun dari ferry dan berkeliling dari bibir pulau kecil ini untuk memandangi sang ‘kebebasan’ dari berbagai sudut. Patung Liberty ternyata jauh lebih besar dari apa yang saya bayangkan sebelumnya. Semua wisatawan mengagumi patung ini dan mengarahkan kameranya kepada patung yang berwarna kehijauan tersebut untuk mengabadikannya. Namun sayang, saat kami mengunjungi patung ini, lantai dasar tempat patung ini berdiri sedang direnovasi sehingga tidak dapat naik ke atas patung ini. Tapi itu tidak mengurangi kekaguman kami atas patung ini.
Sekitaran patung liberty ditata sangat apik dengan ruang terbuka hijau yang sempurna. Rasa nyaman dan segar karena semilir angin laut sangat terasa sekali. Burung-burung laut-pun berterbangan menemani kemana kita pergi. Ada suasana lain dari biasanya, senang sekali karena aku sudah datang di Amerika. Pergi ke Amerika kalau tidak ke patung Liberty rasanya itu kurang afdol.   
dengan ferry Liberty Statue Cruises, berkunjung ke Ellis Islands
Melewati Manhattan
Gagahnya patung Liberty sebagai lambang kebebasan dari tekanan
Ke Amerika harus mengunjungi patung Liberty
Setelah puas, kami kembali ke harbour

Tidak ada komentar:

Posting Komentar