Sabtu, 29 September 2012

Pesona Washington D.C


Pada akhir tahun 1700-an, sekelompok pemberani untuk menemukan negara baru dengan keyakinan yang teguh dan dengan tujuan mulia dan pada saat itu pula di Eropa sudah terbentuk filsafat dan bibit-bibit revolusi untuk kemajuan. Maka terwujudlah republik bersatu membentuk Amerika Serikat. Rakyat Amerika adalah pewaris dari impian besar, dan itu akan mengembalikan pada mereka untuk meyakinkan bahwa hadiah kemerdekaan akan diwariskan kepada setiap generasi baru. Washington D.C adalah bagian dari perjalanan sejarah itu.
Washington D.C memang sangat mempesona, sebagai pusat pemerintahan Amerika Serikat dengan infrastruktur dan fasilitas kotanya dirancang sedemikian rupa sehingga dapat menunjang kegiatan pemerintahannya. Tidak ada mall, tidak ada hiruk pikuk aktifitas bisnis atau-pun kegiatan jasa yang bersifat masif. Benar-benar kota yang dirancang untuk kegiatan pemerintahan semata. Tidak seperti Jakarta yang mana di Jakarta segala kegiatan seperti pemerintahan itu sendiri, industri, perdagangan, jasa dan lainnya bercampur jadi satu tempat.
Pesona Washington telah menjadi daya tarik wisata tersendiri adalah dengan adanya Gedung Putih, Capitol, Gedung Parlemen, Monumen Washington, tak terhitung berbagai museum yang berada di Smithsonian, dan berbagai memorial perang. Sebagian besar gedung-gedung tersebut dirancang dengan gaya art deco dan berukuran besar-besar. Infrastruktur lainnya yang sangat menunjang menghidupkan Washington adalah adanya jaringan transportasi yang sangat memadai dengan jalan-jalan yang lebar dan begitupun dengan pedestrian-nya.
Menikmati pesona Washington D.C lebih efektif menggunakan transportasi bus terbuka ‘hop on’, karena kita dapat memandangi gedung-gedung tersebut secara seksama, cuma saja kita tidak dapat turun dan masuk ke tempat-tempat yang dilalui oleh bus wisata ini. Harga tiket naik bus ‘hop on’ sekitar $32 per orang.
Berikut adalah beberapa foto koleksi saya yang dijepret dari atas bus wisata ‘hop on’.
Menyusuri Washington D.C dengan bus wisata 'hop on' lebih efektif
Jalan raya yang lebar dan sepi
Pedestrian yang lebar dan nyaman
Pedestrian di depan Gedung Putih pun sangat nyaman sekali
Turis berfoto-foto di depan Gedung Putih dengan leluasa
Gedung Capitol
Memorial Gedung Dwight Eisenhower yang megah
Gedung departemen Pertanian yang luas sekali
Monument Washington
Gedung Lincoln Memorial
Patung Abraham Lincoln
Rumah tempat meninggalnya Abraham Lincoln setelah ditembak mati
Gedung arsip nasional Amerika
Spy museum di Smithsonian
Washington D.C di waktu malam


Tidak ada komentar:

Posting Komentar