Senin, 24 September 2012

Transit di Bandara Incheon, Seoul Korea Selatan


Dalam perjalanan saya menuju Amerika dengan perusahaan penerbangan Korean Air dari negara Korea Selatan, tentunya pada setiap penerbangan jarak jauh seperti dari Jakarta ke Washington D.C di Amerika selalu akan transit di bandara internasional negaranya. Misalnya kalau menggunakan Ethihad akan transit di bandara internasional Abu Dabhi, kalau menggunakan Emirates pasti akan transit di Dubai. Karena saya menggunakan Korean Air jadi transitnya di bandara Incheon di Seoul.
Service dari penerbangan Korean Air sendiri untuk kelas economy cukup lumayan yang hampir sama dengan service yang diberikan oleh Garuda dan memang ada kerjasama antara Korean dengan Garuda.
Jakarta – Seoul ditempuh dalam 6 jam 20 menit dan kami mendarat pukul 07 pagi waktu Seoul dan penerbangan lanjutannya ke Washington D.C pukul 10, sehingga banyak waktu untuk menikmati bandara Incheon ini. Bandara yang termasuk 3 terbaik di dunia ini mempunyai kapasitas 55 juta penumpang per tahun dengan luas lantai 60 hektar dan entah berapa luas bandara Incheon secara keseluruhan karena begitu mendarat disini dan memandang keluar yang terlihat adalah pandangan mendatar tanpa batas.
Yang pertama-tama saya cari adalah kamar kecil dan ketemu yang berada di lantai 3 yang ternyata juga menyediakan shower untuk mandi. Wah, kebetulan amat, jadinya saya dapat mandi. Selesai mandi kami rebahan di kursi panjang yang dapat selonjoran sehingga bisa tidur enak. Istirahat cukup kemudian kami jalan-jalan cari makan dan masuk pertokoan untuk sekedar lihat-lihat saja.  Memang bandara ini luas sekali termasuk ruang tunggunya juga. Fasilitasnya lengkap dan serba gratis lagi. Pantas kalau bandara Incheon ini dinobatkan sebagai salah satu dari bandara internasional terbaik di dunia. Mudah-mudahan bandara internasional Soekarno-Hatta di Jakarta yang sedang menjalani pembangun dapat menyusul bandara Incheon ini.
Korean air
Pelayanan dari Korean
Bandara Incheon
Bandara yang luas dengan kapasitas 55 juta penumpang
Tidur rebahan dan gratis
Butuh Tab, ada dan gratis
Serba gratis
Incheon, bandara terbaik

13 komentar:

  1. Hi,mau tanya pak, apakah kita boleh lewati imgirasi pak? Maksudnya untuk jalan jalan di luar bandara?
    Terima kasih bnyk,pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kunjungan ke Korea Selatan membutuhkan visa. Kalau hanya transit, kita tidak mengajukan visa nya. Jadi kalau transit di Incheon Seoul, kita tidak akan diijinkan oleh otoritas keimigrasian setempat untuk keluar dari bandara. Terima kasih atas kunjungan Soed Teng.

      Hapus
  2. Wah, keren banget, in sya allah saya juga transit di incheon tgl 18 agust 2013 krn berangkat ke jepang, tks atas informasinyaaa bapak.. dokan lancar yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungannya. Semoga dapat tercapai apa yang diharapkan dalam perjalanan ke Jepang via Seoul, dilapangkan jalannya dimudahkan segala urusannya. Amin

      Hapus
  3. perjalanan dari bandara ke kota seoul berapa lama? bukannya ke korsel tidak pakai visa??!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari Bandara ke kota Seoul naik kereta saja (petunjuk stasiunnya ada dimana, terpampang) lama perjalanannya kurang 1 jam. yang agak lama justru antre naik keretanya. masuk korea selatan pakai visa.

      Hapus
  4. maaf pak..kalau sy perbankan dr san fransisco tiba di incheon sore waktu korea dan harus terbang lagi ke esokan harinya..harus tidur dimana untuk istirahat yaa pak..atau apakah ada hotel didlm bandara yaa pak..yg tidak harus keluar dr imigrasi..mohon infonya. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  5. Tidak perlu keluar dari Bandara Pak. Di Bandara disediakan tempat tidier yg berbentuk kursi panjang yg sangat ergonomis (ligature foto kelima). Saya pun waktu itu bisa tidur Selamat 3,5 jam. Tidurnya aman pula

    BalasHapus
  6. Sy tiba di incheon pkl 18.00 terbang kembali esok harinya pkl 17.00 pak

    BalasHapus
  7. Sy tiba di incheon pkl 18.00 terbang kembali esok harinya pkl 17.00 pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hotel do area Bandara ada tersedia. Pada waktu tulisan di atas dibuat, hotel tersebut berada di terminal 10-12. Dengan tarif waktu itu 220$AS. Untuk lebih tepatnya silakan lihat di board/TV Bandara yg banyak tersedia.

      Hapus
  8. Baik..terima kasih byk yaa pak atas info nya

    BalasHapus