Rabu, 17 Oktober 2012

Durian Medan, Enak Sekali


Bulan Oktober ini sudah bukan musimnya durian lagi di Medan, Sumatera. Tapi karena sudah hobi menyantapnya, kita keukeuh harus ketemu itu durian Medan yang terkenal manis renyah. Setelah tanya sana sini termasuk kepada tukang bentor atau becak motor yang banyak berkeliaran di Kota Medan, ditunjukkanlah di ‘Ucok Durian’ yang ada di Jalan Sei Wampu atau Jalan Wahid Hasyim. Dan memang ternyata ‘ada’, duriannya-pun bertumpuk banyak sekali di depan warung-nya. Warung ‘Ucok Durian’ ini buka 24 jam. Boleh juga sebagai referensi, kalau sewaktu-waktu kepengen makan durian.
Durian-durian ini didatangkan dari berbagai daerah, tidak hanya dari kebun-kebun yang ada di Sumatera Utara, tetapi bisa dari Aceh, dari Jambi, dari Sumatera Barat dan lainnya. Sehingga stock durian tersedia sepanjang waktu.
Kami minta dipilihkan durian yang bagus yang artinya; manis, wangi, dan kering. Si abang pelayannya menyanggupinya, bahkan memberi garansi, kalau rasanya mengecewakan, boleh ganti gratis duriannya.
Makan durian seperti di tempat lainnya di Sumatera adalah bersama nasi ketan. Yang membedakan dengan tempat lainnya, di tempat Ucok durian ini, nasi ketannya dibungkus dengan daun pisang. Kalau di Kota Padang atau di Pekan Baru, nasi ketannya ditambahi parudan kelapa. Durian ketan ini bukan pengganti makan siang atau makan malam, tetapi tetap saja katagori sebagai camilan, padahal kalori yang dikandungnya melebihi porsi makan siang atau makan malam. Betul, nikmatnya ‘wah’ susah dikatakan. Enak sekali.
Kami berdua hanya sanggup melahap 2 durian yang masing-masing sebesar kepala dengan harga yang murah sekali, kalau dihitung dengan ukuran harga Jakarta. Harga durian-nya hanya Rp 25 rb!! Harga satu bungkus nasi ketan Rp 5 rb. Air putih gelas, malah gratis! Jadi kami bertiga setelah puas menikmati durian Medan dengan nasi ketannya, hanya menghabiskan Rp 65 rb saja. Wajib dicoba.
Ucok Durian di Jln Sei Wampu, Kota Medan
Durian disini tak mengenal musim, selalu tersedia
Makan durian-nya, bersama nasi ketan
Lahap saking enaknya
Puas

1 komentar: