Kamis, 04 Oktober 2012

Menikmati Pantai Anyer di Sore Hari


Pantai Anyer di Banten sebenarnya memiliki keindahan yang tak kalah dari pantai-pantai lainnya yang sudah dikenal luas di Indonesia. Apalagi letak pantai yang membentang sekitar 8 km ini sangat dekat dari Jakarta. Namun kedekatan dengan Jakarta bukan jaminan akses ke pantai ini dapat dilalui dengan lancar. Sudah bertahun-tahun jalan menuju Pantai Anyer mengalami rusak parah. Baik melalui jalan utama dari Cilegon Barat maupun dari jalan tembus Serang Timur-Ciwandan. Betul, jalan ke arah Anyer cepat rusak dikarenakan lalu lalangnya truk-truk berat yang melebihi tonase yang diperbolehkan. Tetapi tetap sebaiknya jalan akses ke Pantai Anyer ini mendapat perhatian lebih.
Pantai Anyer-nya sendiri memiliki keindahan yang lebih, nuansa pedesaan dengan kehangatan penduduknya adalah sebagian dari daya tariknya. Belum lagi di Pantai Anyer ini dikarunia ada yang pantainya yang berpasir putih dan ada yang berpantai karang. Dua-duanya sama-sama menarik. Di pantai yang berkarang, kita dapat menikmati miniatur ekosistem terumbu karang sambil memperhatikan berbagai biota kecil yang berwarna warni yang ada di dalamnya. Cukup menyenangkan dan tidak perlu menyelam yang memerlukan keahlian khusus.
Pada sore hari, dengan suasana sunyi dan langit berubah warna dari keemasan ke sedikit memerah, Pantai Anyer menjadi begitu romantis yang indah untuk dinikmati. Berbagai sudut memancarkan pemandangan spektakuler untuk kami-kami yang jarang sekali bertemu dengan suasana sunset.
Pantai Anyer bisa saja menjadi tujuan wisata domestik maupun manca negara, asal jalan / aksesnya diperbaiki, lingkungan akses ditata ulang agar tidak kelihatan kumuh dan kotor, peningkatan pengelolaan limbah industri di sekitar pantai ini, dan adanya sosialisasi yang benar tentang tsunami. Sebagaimana diketahui bahwa wilayah yang berdekatan dengan pantai Anyer ini adalah berderet-deretnya kawasan industri dan industri yang tentunya harus diawasi secara ketat agar limbah yang dihasilkannya tidak langsung dibuang ke laut tetapi harus melalui tahapan pengolahan sesuai standar baku yang ada sehingga tidak menimbulkan dampak buruk terhadap lingkungan laut yang ada. Dan yang penting lagi adalah adanya issue tsunami, yang mana sedikit banyak telah mengurangi keinginan wisatawan untuk berkunjung ke pantai Anyer ini. Dan sampai saat ini belum ada pengetahuan ilmiah yang bisa memprediksi kapan akan datangnya tsunami, sama seperti halnya kapan akan terjadinya gempa. Yang penting adalah bagaimana di wilayah-wilayah rawan tsunami dapat ditata dengan benar baik untuk bentuk bangunannya itu sendiri maupun dalam hal tata ruangnya. Semoga kita terus dapat menikmati pantai Anyer ini.
Akses ke Pantai Anyer tidak bagus





Lebih mengesankan kekumuhan
Sepenggal Pantai Anyer
Sore hari yang menyenangkan
Indahnya

Sunset nan indah
Suasana romantis
Indahnya Sore Hari



Tidak ada komentar:

Posting Komentar