Jumat, 05 Oktober 2012

Racun Akar Pohon Tuba untuk Menangkap Ikan


Di Pantai Anyer, Banten, kalau sore hari dimana air laut lagi surut, banyak penduduk yang mencari ikan dengan cara menggunakan potongan akar tuba yang telah ditumbuk-tumbuk agar cairan racunnya keluar kemudian dicelupkan ke genangan air diantara terumbu karang. Dengan demikian apapun jenis ikan yang ada disitu akan mabuk kemudian diambil-lah ikan-ikan mabuk tersebut. Yang jadi persoalan adalah ikan yang didapat terdiri dari berbagai jenis dan ukuran. Sampai ikan yang sangat kecil seukuran kuku jari-pun diambilnya juga. Tentu hal tersebut tidak baik bagi lingkungan.
Penulis pernah berkunjung ke Pantai Strand di kota Townville di negara bagian Queensland-Australia. Disana orang mancing untuk rekreasi saja diatur secara ketat. Pengaturan tersebut melingkupi ikan-ikan yang boleh atau dilarang ditangkap berdasarkan: jenis ikan, jantan atau betina, ukuran, tempat, dan musim dan juga diatur bahwa setiap pemancing hanya boleh bawa 3 joran dan atau 6 mata kail. Sebagai contoh ikan baramundi/kakap yang boleh ditangkap adalah yang berukuran >10 inc bagi yang jantan. Apabila ketangkap berukuran kurang dari itu, maka ikan tangkapan tersebut harus dikembalikan ke perairan laut. Aturan mancing rekreasi dan lainnya di negara-negara maju memang rigid, itu dilakukan demi menjaga keseimbangan alam dan lingkungannya. Di negara kita tentu berat untuk bisa seperti itu, karena faktor ekonomi masyarakat masih menjadi kendala.
Para pencari ikan dengan racun akar pohon tuba banyak dilakukan oleh penduduk setempat sebagai mata pencaharian, sebagian kecil saja yang melakukannya hanya sebagai rekreasi atau iseng.
Pantai Anyer
Sepenggal ekosistem karang di pantai Anyer
Nelayan sedang mencelupkan racun tuba
Anak-anak mencari ikan dengan racun akar pohon tuba
Ikan sangat kecil-pun diambil juga
Anak moa yang sudah mabuk kena racun tuba
Ikan tangkapan hasil diracun
Berbagai jenis dan ukuran yang didapat dari tangkapan
Sebagian aturan memancing di negara bagian Queensland-Australia
Di pantai Queensland yang biasa digunakan untuk mancing disediakan alat ukur ikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar