Minggu, 11 November 2012

Snorkeling dan Diving di Pulau Putri-Kepulauan Seribu

Banyak program wisata yang ditawarkan ke pengunjung pulau Putri, tentu ada yang gratis dan ada yang mesti bayar. Bagi yang suka nyelam atau diving, yang suka snorkeling, naik kano, naik banana boat, ada tersedia disini. Tarifnya beda-beda, dari naik kano yang bayar Rp 50 ribu /orang/30 menit sampe Rp 500 rb/orang untuk diving/nyelam. Kalau untuk nyelam, dive site-nya agak jauh dan berada dekat pulau Matahari jadi harus naik boat lagi. Saya yang tidak bisa diving, karena itu saya pilih naik  glass bottom boat saja untuk bisa melihat dunia bawah air di sekitaran pulau Putri. Program ini gratis lagi. Perahu berkapasitas 20 orang dengan interior dipasangi kaca jendela dan dengan jendela kaca ini kita dapat melihat isi laut sekitaran pulau Putri. Perahu ini berjalan menyusuri tebing karang di sekitar pulau Putri  selama 30 menit. Memang pemandangan karang  tidak seindah yang ada di dive site pulau Matahari malahan terlihat sebagian karangnya telah rusak, baik karena akibat pemutihan / corral bleching ataupun karena ulah manusia. Namun demikian dengan menggunakan perahu glass bottom ini setidaknya kita telah mengetahui bagaimana keadaan ekosistem terumbu karang di sekitaran pulau Putri-Kepulauan Seribu.
Perahu bottom glass dimana lewat jendela kaca, kami dapat melihat karang
Kondisi yang lumayan bagus
Karang yang rusak
Sebagian besar memang kondisinya sudah rusak
Yang masih relatif bagus harus segera dirawat

3 komentar:

  1. buat traveller pencinta pulau pulau se Indonesia, bali, lombok, dll, yang suka jalan sendiri ala backpacker atau yang traveling dengan ngambil paket wisata lombok .. ada lagu yg pas sekali untuk tulisan ini.. judulnya : INDONESIA i love you - oiya, indonesia juga terkenal lho akan oleh-olehnya kalo kita travelling.. nah sebagai salah satu ide oleh oleh mungkin bisa cari orang atau toko oleh oleh yang jual madu asli , karena madu asli itu bagus buat oleh oleh atau dikonsumsi sendiri saat travelling, biar jalan jalannya kuat dan tetap sehat (karena madu bisa jaga sehat & stamina kita)- makasih untuk tulisannya ini ya kakak.

    BalasHapus
  2. Kalo mau snorkeling, paling sip kalo snorkeling ke lombok dan gili trawangan, koralnya masih virgin. sip.. Terimakasih untuk artikel yang sangat bermanfaat ini, kami bertambah pengetahuan setelah membaca artikel ini, para pembicara internet marketing selalu menyarankan untuk kita terus menulis artikel bermanfaat seperti ini, salam dari mutiara untuk membawa kesuksesan pearl wholesale Indonesia dan sukses selalu untuk Anda.

    BalasHapus
  3. Terimakasih untuk artikel yang sangat bermanfaat ini, kami bertambah pengetahuan setelah membaca artikel ini, para pembicara internet marketing selalu menyarankan untuk kita terus menulis artikel bermanfaat seperti ini, salam dari mutiara untuk membawa kesuksesan pearl wholesale Indonesia dan sukses selalu untuk Anda.

    BalasHapus