Senin, 03 Desember 2012

Wisata di Kota Hanoi

Walaupun tempat wisata di kota Hanoi Vietnam tidak sebanyak di Jakarta namun city tour disini cukup unik dan menyenangkan. Turis asing banyak didominasi oleh turis bule sedangkan turis dari Jepang, Korea, dan China bisa dikatakan tidak banyak mungkin itu terjadi karena faktor sejarah hubungan antar negara di masa lalu. Para turis ini banyak berkumpul di sekitaran kota tua di pinggir danau Hoan Kiem. Tempat wisata favorit mereka adalah mouseleum Ho Chi Minh, pagoda tua, museum sejarah, pasar suvenir Dong Xuan, dan tentu budaya kehidupan masyarakat Hanoi itu sendiri.
Mengunjungi mouseleum Ho Chi Minh dan museum sejarah tidak dipungut bayaran yang buka setiap hari kecuali hari Jumat dari pagi sampai sore. Masuk komplek mouseleum yang merupakan bangunan beton berasitektur Eropa yang berdiri kukuh dengan lapangannya yang luas, membangkitkan perasaan imaji kuat terhadap tokoh Ho Chi Minh sebagai bapak Vietnam. Begitu juga ketika masuk komplek museum sejarah atau ada juga yang menyebut museum perang, dengan melihat banyaknya alat perang seperti pesawat atau tank tempur milik Amerika yang dapat ditembak jatuh atau disergap dalam suatu pertempuran pada tahun 1970-an, memperlihatkan kekuatan rakyat Vietnam. Walaupun Amerika selalu mengatakan bahwa mereka tidak pernah kalah dalam setiap pertempuran (the battle) tetapi kalah dalam ‘perang’ (the war).
Selain dari tempat-tempat wisata tadi, kota Hanoi cukup menyenangkan untuk dikunjungi karena kebersihan kota yang terjaga, tidak pengemis, pedestrian yang lebar, taman-taman yang hijau dan rapih, banyak bangunan tua yang masih berfungsi dengan baik, dan keamanan yang baik. Di kota Hanoi yang luasnya 330 km2 atau separuhnya luas daratan Jakarta dengan jumlah penduduknya 6,5 juta jiwa tidak macet seperti Jakarta atau Bangkok karena jumlah mobil masih sedikit, dan masyarakat lebih senang menggunakan motor untuk aktifitasnya.
Danau Hoan Kiem di Hanoi
Turis di Hanoi

Motor dimana mana di Hanoi
Kehidupan di Hanoi
Pusat kota Hanoi
Banyak taman yang hijau di Hanoi
Kebiasaan ngopi di pinggir jalan
Ada mesjid di Hanoi

Bangunan tua yang masih terjaga




Lapangan mouseleum Ho Chi Minh

museum sejarah
Sisa perang Vietnam

3 komentar: