Rabu, 29 Mei 2013

Santap Nikmat Masakan Melayu di Kota Pekanbaru

Di kota Pekanbaru yang semakin cantik dan bersih ini, banyak rumah makan yang menyediakan menu masakan Melayu, namun bagi saya, rasa otentik masakan melayu sudah pasti hanya ada di rumah makan Pondok Yurika yang berada di Jalan Sutomo. Rasa santan dan rasa pedasnya terpadu secara pas sehingga rasa dan aroma yang mampir di lidah adalah gurih wangi yang begitu menggoda. Sehingga secara tidak sadar nambah terus porsi nasinya.
Dengan eksterior dan interior bertema rumah jaman dulu, yang meja kursinya berderet seperti halnya di sebuah warung makan biasa dan dengan bunga artifisial di atasnya, semakin menguatkan rasa di berada rumah sendiri. Kemudian beragam makanan yang terdiri dari ragam masakan ayam, daging, sayur dan tentu yang menjadi ciri khas di rumah makan ini adalah aneka masakan ikan sungai seperti asam pedas ikan patin, gulai/goreng udang galah, gulai/goreng ikan baung, gulai/goreng selai baung yang disajikan didalam piring per piring seperti umumnya gaya penyajian di rumah makan Padang, menjadikan santap siang atau malam kami adalah ‘pesta demokrasi makan’ karena kami bebas memilih dan menentukan pilihan masing-masing. Bedanya disini, pilihan bukan hanya jatuh ke salah satu menu saja, tetapi sekiranya ruang perut ini masih mampu menampungnya, kami akan jelajahi rasa dan aroma dari masakan melayu yang tersedia di hadapan kami ini. Sungguh mantap rasa masakan melayu di Pondok Yurika ini.
Soal harga, rasanya tidak jauh berbeda dengan rumah makan sejenis lainnya. Harga gulai/goreng udang sungai Rp 25.000,-/porsi, gulai/goreng baung Rp 20.000,-, dan gulai/goreng salai baung Rp 25.000,-/porsi. Yang paling mahal adalah untuk seporsi asam pedas kepala patin, yaitu Rp 90.000,-/porsi. Apabila anda datang sendirian datang ke rumah makan ini, tentu tidak akan menyantap keseluruhan menu yang tersedia. Paling banyak kita menyantapnya hanya 2 jenis menu saja. Dan itu artinya harga yang harus dibayar oleh seorang pengunjung datang ke rumah makan ini, masih dalam kisaran harga yang wajar, yaitu sekitar Rp 50 rb – Rp 100 rb.
Selamat menikmati.
Di Pondok Yurika
Udang sungai Rp 25 rb/porsi
Goreng Ikan lais yang beraroma
Goreng ikan baung
Gulai ikan baung yang gurih
Goreng silais yang nikmat dan renyah

Santap siang yang nikmat
Patung Tarian Zapin makin mempercantik landmark kota Pekanbaru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar