Minggu, 10 November 2013

Wisata Rumah Si Pitung di Marunda Jakarta Tanpa Disertai Informasi yang Memadai


Mendengar dan melihat tayangan rumah Si Pitung di media massa sudah sering saya dapatkan namun saya belum pernah tahu rumah itu sesungguhnya. Baru pada hari Minggu (10/10/2013) saya berkesempatan untuk mengunjunginya. Bagi orang awam yang akan mengunjungi rumah Si Pitung ini, saya prediksi akan mengalami kesulitan karena letaknya berada jauh dari jalan protokol. Letaknya berada pada kawasan jasa pendukung kepelabuhanan Tanjung Priok sehingga terasa ‘nyempil’ diantara serakan tumpukan kontainer. Mudahnya, untuk mendapatkan lokasi rumah Si Pitung ini, pakai saja ancar-ancar lokasi Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Marunda dan rumah Si Pitung ini persis berada di belakang lokasi STIP tersebut.

Rumah Si Pitung adalah rumah kayu yang berbentuk panggung dengan luasan sekitar 150 m2 yang terdiri dari ruang tamu, ruang keluarga, dapur, dan hanya satu tempat tidur. Di ruang tamu terdisplay seperangkat meja kursi kayu kombinasi rotan, di dapur juga didisplay seperangkat alat masak beserta tungkunya, dan yang menarik adalah kamar Si Pitungnya, dimana disitu ada ranjang berkelambu sebagai alat anti nyamuk kemudian kasur bersprei putih dengan bantalnya, serta di pinggir kasur diletakkan satu Alqur’an yang mencerminkan bahwa Si Pitung adalah seorang muslim yang saleh.

Sebenarnya secara arsitektur design baik eksterior maupun interior serta material rumah ini, tidak ada yang istimewa. Mungkin banyak rumah lain yang lebih bagus dan lebih antik dari rumah Si Pitung ini. Rumah ini menjadi menarik karena menyangkut seorang legenda masyarakat Betawi/Jakarta ahir abad 19. Banyak versi dari cerita tentang Si Pitung ini, bisa versi lokal, Cina, atau Belanda. Secara versi lokal, Si Pitung ini digambarkan sebagai sosok jagoan yang berkeadilan seperti digambarkan pada banyak komik. Si Pitung bermusuhan dengan pihak Belanda namun sangat baik terhadap masyarakat sekitarnya. Lain lagi ceritanya kalau menurut versi Belanda. Menurut versi Belanda; sosok Si Pitung digambarkan kebalikannya dari versi lokal. Cerita sejarah memang tergantung siapa pembuatnya.

Rumah Si Pitung yang merupakan bagian sejarah budaya Betawi/Jakarta dan sudah dijadikan destinasi wisata di Jakarta maka seyogyanya untuk dikelola secara profesional serta melengkapi berbagai pendukung kepariwisataannya antara lain: akses menuju rumah Si Pitung, kebersihan lokasi sekitarnya, penghijauan lokasi rumah Si Pitung, dan yang lebih penting adalah melengkapinya dengan informasi terkait legenda Si Pitung dan terkait rumah Si Pitung-nya itu sendiri. Kalau tanpa informasi yang seperti saat ini berjalan, apa bedanya rumah dengan rumah lainnya? Karena rumah ini adalah sejarah dan sejarah itu sendiri adalah informasi, maka rumah ini akan lebih bermakna kalau dilengkapi dengan dukungan informasi terkait. Kita bisa belajar dari negara Singapura, Australia, dan lainnya, mereka menjual pariwisatanya dengan melengkapi berbagai informasi terkait sehingga sesuatu yang biasa menjadi sesuatu yang luar biasa. Rumah Pecinan peninggalan jaman dulu di Singapura yang tidak berbeda dengan rumah-rumah Pecinan yang ada di sekitaran Glodok Jakarta atau tempat lainnya di kota-kota Indonesia, tetapi di Singapura lebih menarik dan dijadikan tempat wisata karena disertai dengan informasi sejarah Pecinan-nya.
Maka tentunya akan lebih menarik kalau Rumah Si Pitung ini dilengkapi dengan informasi sejarahnya dan jangan takut dengan berbagai versi sejarahnya.
Rumah Si Pitung di Marunda Jakarta
Pintu Gerbang Rumah Si Pitung dan masuknya masih gratis
Beranda depan dari rumah Si Pitung
Ruang tamu
Ruang keluarga
Kamar tidur Si Pitung
Di dalam rumah ada secuil informasi tentang Si Pitung
 
Sosok Si Pitung?
Akan lebih menarik kalau dikelola dengan profesional
Akses ke Rumah Si Pitung
Akses masuk ke wisata Rumah Si Pitung
Kebersihan lingkungan sekitar perlu ditingkatkan
Rumah Si Pitung diantara pertambakan dan daerah industri
Rumah Si Pitung berada diantara terminal terminal peti kemas
 
 
 
 
 

1 komentar:

  1. Salam Kenal,

    Terima Kasih sebelumnya, benar2 blog yang sangat menarik dan sangat membantu senagai referensi paket tour jogja untuk melancong

    paket tour jogja
    paket tour jogja
    paket tour jogja
    paket tour jogja
    paket tour jogja

    BalasHapus