Jumat, 13 Desember 2013

Empat Tempat Menarik di Jakarta

Pada bulan Desember 2013 ini, saya pernah membaca artikel dalam majalah mengenai ‘traveling’ terbitan Australia. Dan saya bacanya-pun ketika berada di negara tersebut. dalam tulisan tersebut ditulis ada empat tempat yang menarik untuk dikunjungi ketika berada di Jakarta, yaitu:
1.    Sarinah,
2.    Mangga Dua,
3.    Bandar Jakarta, dan
4.    Taman Mini Indonesia Indah.
Dijelaskan bahwa di toko Sarinah bisa didapatkan berbagai cinderamata/suvenir/handycraft yang bagus dan unik dari berbagai daerah di Indonesia. Di toko Sarinah yang berlokasi di jalan M.H Thamrin ini menyediakan satu lantai yang khusus untuk jualan berbagai suvenir/handycraft baik itu yang materialnya terbuat dari kayu, batu, kain, gelas, keramik, dan lainnya. Dan tidak mesti dalam bentuk ukiran tetapi bentuk-bentuk lain-pun tersedia, seperti dalam bentuk cetakan pabrik, hand made, sulaman dan lainnya. Di satu lantai lainnya dikhususkan untuk jualan kain batik, tenun, dan ikan. Bagi yang suka akan kain-kain tradisional indonesia, lantai ini menjadi favoritnya. Kain yang pajang, apakah itu sudah jadi dalam bentuk kemeja atau-pun masih berupa lembaran kain, tersedia disini. Harganya? Dari yang puluhan ribu rupiah sampai yang harganya mencapai jutaan rupiah.
Mangga Dua? Bagi telinga ibu-ibu tentu tempat ini tidak asing lagi. Mangga Dua adalah surga belanja fashion semacam baju, jaket, sepatu, jam tangan, dan tas. Berbagai merk dan berbagai kualitas tersedia di Mangga Dua ini. Kenapa Mangga Dua jadi favorit belanja ibu-ibu? Karena disini harga yang ditawarkan sangat menggoda, jauh di bawah harga di tempat lainnya untuk jenis barang yang sama. Saking ramainya orang belanja di Mangga Dua ini, sampai-sampai untuk mendapatkan tempat parkir mobil, susahnya minta ampun. Kalau mau ke Mangga Dua ini lebih baik naik kendaraan umum saja. Dan jangan lupa, bawa uang sebanyak-banyaknya.
Bandar Jakarta yang berada di dalam kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol yang dekat pantai dan tidak jauh dari Mangga Dua adalah restoran yang menu utamanya seafood. Restoran ini termasuk skala besar karena dapat menampung ratusan pengunjung sekaligus. Yang paling menarik dari restoran Bandar Jakarta ini adalah berbagai jenis ikan segar/hidup dan mau dimasak apapun sesuai selera pembeli, tersedia disini. Mau di masak tumis, dimasak bumbu asam manis, digoreng, disteam, ada semua. Waktu yang paling tepat makan di restoran Bandar Jakarta ini adalah menjelang sore, dimana angin pantai berhembus semilir dengan suhu udara yang segar.
Taman Mini Indonesia Indah adalah miniatur keindahan alam dan budaya Indonesia. Dengan mengunjungi berbagai anjungan daerah, serasa kita mengunjungi daerah tersebut yang sebenarnya berada nun jauh disana.  Walaupun Taman Mini Indonesia Indah ini termasuk katagori tempat rekreasi yang kumplit namun harga tiket masuknya sangat murah. Tidak salah kalau TMII masuk kedalam hitungan tempat hiburan rakyat. Konsekuensi dari murahnya tiket masuk adalah membludagnya pengunjung terutama pada hari libur atau waktu liburan anak sekolah. Dan hal itu harus dibayar dengan kekurang nyamanan ketika berjalan-jalan menikmati berbagai anjungan dan budaya yang dipentaskan di TMII ini.
Kalau orang asing saja menulis empat tempat ini adalah tempat yang menarik dan jangan dilewatkan ketika berkunjung ke Jakarta, masa orang kita sendiri belum pernah mengunjunginya?
Pusat Perbelanjaan Mangga Dua

Tidak ada komentar:

Posting Komentar