Rabu, 04 Desember 2013

Menikmati Pasar Malam di Kota Cairns Australia

Pasar malam di kota Cairns-Queensland Australia tidak seperti umumnya di Indonesia yang berada di area terbuka seperti alun-alun dan lainnya. Tetapi pasar malam di kota Cairns menempati tempat permanen seperti sebuah mall layaknya. Perbedaan dengan pasar-pasar lainnya hanya perkara jam bukanya. Pasar malam ini buka setiap hari mulai pk 17 sampai pk 23. Jenis barang yang dijual disini didominasi oleh barang suvenir khas Australia seperti tsirt, tas kulit kanguru, jaket kulit buaya, perhiasan, asesoris dan tentunya yang wajib ada disetiap pasar malam adalah penjaja makanan. Tetapi tidak ada arena hiburan yang di Indonesia menjadi salah satu ciri khasnya, seperti adanya komedi putar dan badut.
Luas pasar malam ini tidak lebih dari 1000m2 yang terdiri dari 3 lorong. Lorong pertama terdiri konter-konter pijit asli china, lorong ke dua terdiri dari penjual tsirt, jaket, topi dan lainnya, serta lorong ke 3 dikhususkan untuk penjual perhiasan dan asesoris. Dan diujung berupa hall disediakan untuk food court. Teman saya beli emas imitasi tahan luntur asal tidak diapa-apakan, sepanjang 45 inci  dengan harga AU$ 4 dolar/inci. Dia beli sebagai oleh-oleh di kampungnya, karena di kampungnya terutama ibu-ibu sangat gandrung dengan perhiasan emas. Sehingga diberi oleh-oleh emas walaupun imitasi akan senang melebihi dikasih berupa barang lainnya. Dia bilang: ‘kalau beli emas beneran, bisa berapa duit tuh?’ Harga tsirt $10, harga kulit kanguru ofsetan ukuran XL =$100, harga yang lebih miring sedikit dibanding dengan di tempat lainnya. Tapi ini-pun tidak bicara soal kualitas.
Pengunjung pasar malam yang bersih dan nyaman ini, sebagian adalah orang kulit putih dan sebagian warga keturunan Asia. Orang Asia yang datang ke kota Cairns sudah bisa dipastikan akan mengunjungi pasar ini, karena orang Asia hobinya adalah belanja. Tetapi jangan salah, tidak semua orang datang ke pasar malam ini adalah untuk berbelanja, malah sebagian besar datang ke tempat ini untuk makan malam. Termasuk kami.
Kami pilih salah satu dari tiga konter makanan Chinesse yang ada disitu. Menariknya konter ini adalah self service. Pilihan pembeli adalah hanya ukuran piringnya. Piring paling kecil seharga $10,90 ukuran medium $12,90, ukuran besar $13,90 dan ukuran ekstra besar $14,90. Setelah bayar kita diberi piring plastik sesuai nilai yang dibayar, kemudian kami dipersilahkan mengambil sendiri mulai dari nasi yang tersedia nasi putih dan nasi goreng dan ada 12 macam masakan seafood, ayam, dan sapi. Jadi saya lihat orang-orang nganmbil nasinya sangat sedikit tetapi lauhnya sampai menjulang di atas piringnya. Untuk ukuran nilai uang Australia, dengan harga segitu tentu termasuk murah. Saya sendiri nyesel, karena dengan pesan yang ukuran medium seharga $12,90 saja, makanan yang sudah saya ambil tidak habis semua disantap. Rasanya satu porsi ini tepatnya untuk berdua. Makan malam ini jadi kenangan mengunjungi pasar malam di kota Cairns, walaupun saya sama sekali tidak beli sesuatu barang-pun. Yang akan mengunjungi kota Cairns, silahkan nanti datang ke pasar malam ini, minimal untuk makan malam. Menyenangkan!

Gerbang pasar malam di Cairns

Banyak menjajakan barang suvenir

Pengunjungnya sebagian orang Asia
Asesoris dan perhiasan banyak tersedia

Makan dengan beli ukuran piring

Pilih dan ambil sesuka dan semuatnya piring

Ada 12 jenis menu yang tersedia

Ini penampakan satu piring 'muncung'

Menikmati makan malam di pasar malam kota Cairns


Tidak ada komentar:

Posting Komentar