Rabu, 04 Desember 2013

Nikmatnya Minum Kopi di Pantai Hayles Marina Broadwalk Kota Cairns Australia

Pantai Marina Broadwalk dan Marina Ancol sama-sama tempat bertambatnya kapal-kapal kecil seperti: yacht, katamaran, speedboat, dan lainnya. Kalau Pantai Marina Ancol itu adanya di Jakarta, kalau yang ada di kota Cairns-Queensland Australia namanya adalah Pantai Hayles Marina Broadwalk. Sungguh-pun memiliki fungsi yang sama, tetapi Marina Broadwalk jauh tertata apik dengan tingginya kesadaran para pengunjung akan kebersihan lingkungannya.
Jalan pinggir pantai Hayles Marina Broadwalk sepanjang 1,5 km ini berlantai kayu dengan lebar 4 meter. Lembaran kayu disusun berkotak-kotak tidak sekedar dipasang lurus-lurus dan bagaimana-pun unsur kayu ini menjadikan suasana lebih romantis dan alami dibanding jalan beton. Di jalan kayu ini hanya diperuntukkan untuk pejalan kaki, tidak boleh untuk sepeda, tidak boleh untuk main sepatu roda, tidak bolah untuk skate board, apalagi untuk jalan sepeda motor atau mobil. Tanpa adanya portal di setiap ujung jalan ini, aturan tersebut dipatuhi sungguh-sungguh sehingga jalan kayu tersebut tetap dalam kondisi terawat.
Sepanjang pinggir jalan kayu yang bersebelahan dengan laut di Marina Broadwalk ini dibutkan pagar yang terbuat dari besi dengan kombinasi kayu, namun designnya sangat bagus dan manusiawi sekali. Pagar itu bukan berbentuk pembatas seperti penjara yang  sering dijumpai di pagar gedung atau batas wilayah di Indonesia. Namun demikian, dijamin kalau ada barang sebesar kepalan tangan orang dewasa tidak akan jatuh ke laut karena tertahan oleh jeruji yang dicat dengan warna transparan yang menjadikannya seolah tanpa jeruji. Pinggir sebelah jalan kayu satunya, berbatasan dengan taman-taman yang asri dan berbunga atau cafe atau restoran. Sebagian kecil warga  memanfaatkan jalan kayu tersebut untuk olah raga jogging. Memang sangat nyaman jogging di atas kayu apalagi di pinggir pantai dengan udara yang segar. Ada sebagian warga lagi yang hanya sekedar duduk-duduk di cafe yang ditemani secangkir kopi atau capucino hangat. Minum kopi sambil bercengkerama dengan temannya atau menyendiri dengan mata menerawang jauh ke ujung laut dan pikirannya terbang sesuka yang dimaui empunya. Dan itulah salah satu bentuk kenikmatan hidup yang luar biasa yang bisa didapat dari suasana pinggir pantai yang ditata dan dirawat secara sungguh-sungguh seperti di pantai Marina ini. Walaupun membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk membangun infrastruktur umum di pantai ini, namun masuk ke area ini tidak dipungut bayaran sama sekali. Hidup jadi serba nikmat.
Di pantai Marina Broadwalk ini, banyak kapal kecil yang ditambat pemiliknya. Boat-boat tersebut ada yang dimiliki pribadi tetapi tidak sedikit yang untuk disewakan. Sama seperti halnya di Marina Ancol. Mau sewa kapal untuk memancing di daerah mangrove dengan biaya sewa AU$250 per orang? Mau diantar ke pulau kecil yang asri? Mau diantar untuk menyelam di Great Barrier Reef? Semuanya bisa dilayani disini. Dan disini banyak tersedia agen-agen wisata sebagai operator paket-paket tour yang dapat memudahkan hasrat untuk berwisata bahari. Jangankan menaiki yacth, katamaran dan lainnya, hanya melihat-lihat berjajarnya saja sudah sangat menyenangkan.
Di Indonesia sebenarnya banyak pantai yang dapat menjadi tempat umum yang menyenangkan dengan keindahan yang tidak kalah menarik. Apalagi dengan adanya aturan tentang harus dibuatnya sempadan pantai. Namun, kenyataannya sempadan pantai itu digunakan untuk kepentingan lain bukan untuk kepentingan umum warga tetapi dibuat warung, restoran, malah pemukiman.

Hayles adalah nama orang pertama kali yang membangun daerah ini
Silahkan Menikmati Pantai Ini tapi Baca Dulu Ketentuannya
Duduk sambil minum kopi atau lainnya di sore hari. nikmatnya..

Tempat Warga Mencari Kesenangan

Jalan Kayu yang Apik
Jalan yang menyenangkan buat Jogging
Pagar-pun dibuat artistik dan fungsional
Berbagai jenis dan ukuran boat tertambat di pantai reef fleet
Berbagai pilihan wisata bahari, tersedia disini
Berbagai agen travel akan membantu pengunjung




Tidak ada komentar:

Posting Komentar