Rabu, 23 Juli 2014

Sungguh Menyenangkan Berwisata di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau


Kalau saya ditanya; apa yang menarik dari Kota Batam? Saya akan menjawab: wisata konferensi / MICE, kuliner, wisata belanja tas dan fashion lainnya, cokelat, serta parfum. Dan bentuk wisata itulah yang saya nikmati pada setiap saya berkunjung ke Kota Batam.




Pulau Batam beserta pulau-pulau kecil lainnya

Batam dilalui lalu lintas kapal yang sibuk

Alam lautnya yang mempesona

Batam terbentuk dari suku laut

Pengembangan infrastruktur yang pesat

Pembangunan perumahan yang pesat karena permintaan yang tinggi
Kota Batam terletak di Provinsi Kepulauan Riau yang berdekatan dengan negara Singapura, berada di sebuah pulau dengan luasan 620 km2, yang berarti Pulau Batam termasuk katagori pulau kecil (definisi pulau kecil adalah pulau dengan luasan < atau = 2000km2).  Letak Kota Batam yang berdekatan dengan Singapura menjadikan Kota Batam memiliki daya tarik tersendiri. Interaksi yang kental antara ke dua masyarakatnya menjadikan kehidupan masyarakat Kota Batam lebih semarak, baik sosial maupun ekonomi.

Kota Batam berada di jazirah Melayu, sehingga kebudayaan Melayu meresap ke dalam kehidupan sehari hari masyarakatnya. Namun demikian, karena Kota Batam sudah menjadi kota dagang dan industri, sehingga kombinasi budaya lain dengan budaya setempat bisa terjalin kuat. Saat ini penduduk Kota Batam setidaknya terdiri dari: suku Melayu, Jawa, Tionghoa, Minang, Batak, dan kini banyak pendatang dari Flores. Akulturasi budaya-nya terjalin harmonis antara satu dengan lainnya.

Kota Batam untuk wisata MICE yang tepat
Kota Batam menjadi tujuan wisata konferensi, MICE atau Meeting Insentif Confention and Exhibition karena melakukan MICE di kota Batam dapat menghadirkan aura tersendiri dimana keseriusan rapat dapat dibumbui dengan rasa relax karena dapat menikmati kegiatan menyenangkan diantara waktu senggang selama berlangsungnya rapat.

Hampir semua hotel tipe menengah sampai atas menyediakan fasilitas untuk MICE ini. Harga paket pertemuannya-pun masih termasuk wajar.
Komplek perbelanjaan Nagoya
Mall di Nagoya
Tas yang ditawarkan di komplek perbelanjaan Nagoya

Parfum seharga Rp 200 rb/3 botol
Aneka model dan merk sepatu dengan harga terjangkau
 
saya penyuka cokelat, kalau beli ya di Batam
Untuk wisata belanja, terutama yang suka dengan tas, sepatu, parfum, dan cokelat, menurut saya; Batam adalah surganya. Di Kota Batam beragam produk fashion ber-merk (branded) bisa didapatkan dengan mudah dan dengan harga terjangkau. Siapa yang tidak tertarik dengan hal itu? Karena saking murahnya untuk suatu produk fashion bermerk, kita jadi lapar mata. Yang tidak perlu malah kepengen dibeli juga. Begitu juga dengan parfum. Parfum bermerk terkenal dengan isi 200 ml, dijual hanya Rp 60 ribu saja. bandingkan dengan aslinya yang berharga Rp 500 ribuan. Kenapa demikian murah? Kata salah satu empunya toko yang menjual aneka parfum tersebut, ‘dari parfum asli hanya diambil 10% nya saja kemudian dicampur dengan essence wewangian serupa, maka jadilah parfum dengan wangi serupa merk aslinya. Hanya saja, daya tahan melekat dari wewangian parfum murah tersebut hanya tahan beberapa menit saja. setelah itu, wangi yang tertinggal hanya bau alkoholnya saja’.

Tentang barang-barang elektronik seperti handphone atau hp, handphone terbaru merk apapun bisa didapatkan di Batam ini. Pilihannya mau yang ori (original), kw 1, kw 2 dst. Misal hp seri terahir dari suatu merk terkenal dari Asia, yang ori-nya berharga Rp 7 juta-an. Yang kw nya hanya seharga Rp 1,2 juta saja. lagi-lagi siapa yang tidak akan tetarik, apalagi bentuk dan warnanya persis sama dengan yang originalnya. Tapi tunggu dulu, penulis pernah terkesima dengan harga yang seper-enam-nya tersebut, kemudian membelinya. sewaktu dicoba di tokonya, diperlihatkan oleh penjualnya seolah-olah semuanya berfungsi normal. Namun, sesampai di rumah dan mencobanya, handphone yang kalau aslinya memiliki sederet fiture-fiture canggih, ehh yang berfungsi hanya untuk bertelepon dan sms saja. lainnya tidak berfungsi. Memang harga tidak bisa dibohongi. Ada pepatah: ada harga ada barang!

Produk-produk fashion semisal tas, sepatu, baju, celana, tshirt, dll serta produk-produk elektronik dapat dibeli di komplek pertokoan Nagoya. Dijamin lapar mata, kalau mengunjunginya.

Tempat makan sop ikan Batam di Nagoya
Sop ikan Batam yang segar
Kerang gonggong rebus, favorit saya
Tempat makan di Harbour Bay
Suasana tempat makan di harbour bay
Warga Singapura banyak yang datang ke Batam hanya untuk makan
Kuliner khas pulau kecil
Ikan ikannya fresh
Kepiting saus singapur yang menggoda selera
Steam baronang, hemm mauuu
Untuk wisata kuliner, bagi saya ada dua tempat yang menjadi favorit saya, yaitu sop ikan batam di Nagoya dan aneka makanan laut seafood di komplek harbour bay. Untuk yang di Nagoya, favorit saya adalah sop ikan batam, ikan masak asam manis, dan rebus kerang gonggong. Untuk menu favorit saya di restoran-restoran yang berada di komplek harbour bay adalah aneka seafood-nya dengan suasana restoran pinggir laut yang dapat menikmati pemandangan kota Singapura dari kejauhan serta aroma bau laut yang khas.

Untuk harga-harganya, termasuk wajar, bahkan untuk menu yang sama, harganya relatif lebih murah dari harga di Jakarta. Sehingga jangan heran, banyak warga Singapura datang ke kota Batam hanya sekedar untuk menikmati makan malam saja. Mana ada harga semurah itu untuk satu menu yang sama di Singapura? Apalagi singapura – batam dapat ditempuh dengan naik fery seharga Rp 400 rb/orang untuk pulang pergi.

Wisata lainnya yang dapat dinikmati di kota Batam selain wisata belanja yang telah menjadi magnet utama turis ke Batam, adalah wisata budaya dan alamnya.

Jembatan Barelang yang mempesona
Landscape perkotaan Batam yang terus berbenah
Akses mudah kemana-mana
Berjalan dengan mengendarai mobil dari ujung ke ujung di pulau Batam, anda akan disuguhi tidak hanya landscape perkotaan yang sedang berkembang umumnya tetapi masih ada bagian bagian wilayah tertentu yang masih berawa dan berupa hutan dengan pohon alami yang ribun dan tinggi serta tanah terkelupas yang memancarkan warna merah. Warna tanah khas hutan Sumatera. Pemandangan dan suasana inilah yang tidak didapatkan di kota-kota besar lainnya di Sumatera atau di singapura. Jembatan Barelang  juga enak untuk ditelusuri apalagi kalau waktu matahari tenggelam. Pemandangannya antara jembatan, laut dan matahari sangat memukau.

Bekas camp pengungsi Indo China yang kini jadi museum di pulau Galang
isi museum pengungsi di P Galang
Lewat jembatan Barelang kalau berjalan terus saja, akan ketemu museum manusia perahu di pulau Galang. Museum ini dulunya adalah camp pengungsi, tempat para pengungsi Indo China ditampung sementara sebelum ditempat di negara-negara lain yang bersedia menerimanya. Museum ini memperlihatkan kegigihan orang orang Indo China (Vietnam, Laos, Kamboja) yang ingin meninggalkan tanah kelahirannya karena sedang dilanda peperangan (perang Indo China tahun 1970-n) menuju negara harapan mereka yaitu Amerika dan negara barat lainnya.

Bagi yang ingin menyebrang dari Batam ke Singapura. Banyak fery tersedia yang akan membawa ke Singapura. Tiket fery-nya bahkan bisa dibeli di hotel-hotel tertentu, tetapi yang paling pasti adalah di Harbour Bay atau di Batam Centre. Harga tiket fery yang normal Batam-Singapura pp adalah Rp 400 rb/orang, sedangkan saat ada promo seperti saat ini, harga tiketnya hanya Rp 270 rb/orang PP. Tentunya yang berminat pergi ke singapura tetap harus mempersiapkan paspor-nya.

Sekedar informasi saja, harga-harga berikut yang berlaku pada bulan Juli 2014. Biaya pesawat terbang Jakarta – Batam Rp 1,1juta/ orang (harga tiket salah satu maskapai penerbangan nasional), menginap di salah satu hotel bintang 3 di komplek perbelanjaan Nagoya Rp 600 rb/malam/kamar, tiket fery Batam – Singapura PP Rp 270 rb, dan menginap di salah satu hotel di daerah Geylang Singapura Rp 800 rb/kamar/malam.

Mari nikmati Kota Batam

2 komentar:

  1. IZIN SHARE GAN?

    SOFTWARE APLIKASI KARAOKE TERBARU

    MAU X KARAOKE 8 PRO 2015 KUNJUNGI LINK DIBAWAH INI :

    http://comelmuewa.blogspot.com/2015/09/x-karaoke-8-pro-terbaru-2015.html


    IZIN SHARE GAN?

    http://comelmuewa.blogspot.com/2015/09/dzone-xtreme-8-pro-with-serial-number.html

    BalasHapus
  2. Banyak pilihan di Jogja, silahkan mampir.........

    Berwisata ke Jogja dengan Sewa Mobil Murah atau Sewa Mobil Matic gratis antar jemput di Bandara, Hotel dll. Kami juga melayani paket wisata atau sewa mobil dengan sopir. Untuk Daftar Wisata Jogja mulai dari kuliner, pantai, alam, budaya dll. Kami juga menyediakan Bis Wisata Medium . Untuk cek kendaraan saat si Jogja hubungi bengkel spesialis AC Mobil
    www.iwantransport.com
    www.rentalmobilyogya.net
    www.podjokjogja.com
    www.sewabuswisatajogja.com
    www.trimulyomobil.xyz

    BalasHapus