Jumat, 12 Februari 2016

Situs Selam di Kawasan Konservasi Perairan Nusa Penida Bali

https://www.scribd.com/doc/299144694/Wisata-Selam-di-Kawasan-Konservasi-Perairan-Nusa-Penida-Bali (link download)

https://youtu.be/vJQ2t2hl8fk (Video)

Sekilas Tentang Kawasan Konservasi Perairan Nusa Penida

Sejak tahun 2010, pulau-pulau kecil Nusa Penida, Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan beserta perairan sekitarnya sudah dideklarasikan dicadangkan sebagai kawasan konservasi perairan melalu Peraturan Bupati Klungkung No. 12 tahun 2010 tanggal 7 Juli 2010 dengan sebutan Kawasan Konservasi Perairan (KKP) Nusa Penida. Alasan penting kawasan perairan ini dijadikan kawasan konservasi adalah di perairan ini terdapat ekosistem dan biota perairan yang lengkap. Disini terdapat ekosistem karang, mangrove, dan ekosistem padang lamun. Disini pula terdapat biota perairan eksotis, endemis, unik, dan terancam punah, seperti: ikan mola mola (sunfish), pari manta (manta ray), hiu, hiu paus (whale shark) dan lainnya. Ikan mola mola dapat dijumpai di seluruh perairan tropis di dunia, namun hanya di perairan Nusa Penida kapan dan dimana kemunculan mola mola dapat diprediksi. Mola mola muncul pada bulan Juli sampai Septemper pada setiap tahunnya. Di kawasan konservasi perairan ini-pun merpakan jalur migrasi dari paus dan lumba-lumba. Untuk jenis karang yang dapat ditemui di kawasan konservasi peraiaran ini, antara lain: porites sp, acropora sp, montipora sp, favia sp, favites sp, dan sponge. Selain alasan tersebut, perlu diingat juga bahwa Kawasan Konservasi Perairan Nusa Penida terletak di sudut barat daya segitiga karang dunia (coral triangle).

Kawasan konservasi peraiaran nusa penida dikenal dengan kondisi arus yang keras karena terletak di antara Selat Badung dan Selat Lombok dan adanya palung laut yang dalam diantara selat Nusa Penida dan Nusa Ceningan. Di perairan ini juga merupakan Indonesian Through Flow (ITF) yang menghubungkan Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Rentang suhu di perairan ini antara 140 – 310 C. maka untuk menghindari hypothermia, disarankan bagi para penyelam untuk memakai pakaian selam (wet suit) dng ketebalan minimal 5 mm dan penutup kepala (hood) karena suhu di bawah laut yang dingin dan sewaktu-waktu bisa terjadi thermoclime dimana air bersuhu dingin dari perairan dalam kerap naik ke permukaan.

KKP Nusa Penida mencakup luasan 20.057 ha dengan batas luar 1 mil (1,8 km) dari garis pantai, dibagi kedalam 3 zona, yaitu zona inti (no take zone), zona pemanfaatan terbatas (wisata bahari, budidaya rumput laut, dan perikanan), dan zona lainnya (peruntukan kegiatan rehabilitasi).

Beberapa titik penyelaman di Kawasan Konservasi Perairan Nusa Penida adalah: Manta Point, Secret Manta, Toyapakeh Point, Toyapakeh Wall, SD Point, Pura Ped, Buyuk Point, dan lainnya.

Perairan Nusa Penida yang memiliki keindahan bawah laut dan keanekaragaman hayati laut yang luar biasa telah banyak menarik turis manca negara untuk datang ke perairan ini. Setidaknya 200.000 turis/tahun datang berkunjung ke perairan Nusa Penida ini. Dan sumbangan terhadap Product Domestic Bruto (PDB) terhadap wisata bahari Kabupaten Klungkung, 80% nya disumbang dari pendapatan turisme perairan Nusa Penida. Maka, sebagai upaya agar aspek lingkungan dan aspek ekonomi dapat berjalan secara berkelanjutan, maka sudah tepat apabila perairan Nusa Penida dijadikan sebagai Kawasan Konservasi Perairan.

Bagaimana menuju ke lokasi Kawasan Konservasi Peraiaran Nusa Penida-Bali?

Apabila anda sudah berada di Bali, arahkan anda ke Pantai Sanur, kemudian dari lokasi tempat penyeberangan Pantai Sanur, anda tinggal naik kapal / boat yang secara regular menyeberang ke Nusa Lembongan atau Nusa Penida.

Untuk akomodasi di Nusa Lembongan, walaupun disana tersedia penginapan sampai hotel, alangkah baiknya kalau anda reservasi jauh-jauh hari terlebih dahulu.
Nusa Penida Bali

Dari Pantai Sanur menuju Nusa Penida / Lembongan

Nusa Lembongan

Pantai Nusa Lembongan

Turis yang datang dan pergi



Dimana anda akan menginap?


Transportasi di Nusa Lembongan

Infrastruktur jalan di Nusa Lembongan

Nusa Lembongan

Posisi KKP Nusa Penida di Coral Triangle

KKP Nusa Penida

Zonasi di KKP Nusa  Penida





Wisata selam melihat mola mola (sunfish)

Wisata selam melihat pari manta di KKP Nusa Penida

Jalur migrasi Pari Manta di sekitar KKP Nusa Penida

Kehidupan masyarakat Nusa Penida

Tidak ada komentar:

Posting Komentar