Senin, 29 Februari 2016

Tinjauan Status Perikanan Hiu dan Upaya Konservasinya di Indonesia

https://www.scribd.com/doc/301149695/Tinjauan-Status-Perikanan-Hiu-Dan-Upaya-Konservasinya-Di-Indonesia
(Link Download-Buku)


Perikanan hiu dan pari (Elasmobranchii) merupakan salah satu komoditas perikanan yang penting di dunia. Data FAO melaporkan bahwa data tangkapan ikan ikan Elasmobranchii di dunia pada tahun 1994 mencapai 731 ribu ton. Dari jumlah tersebut, Negara-negara asia menyumbang 60% dari total tangkapan tersebut. Dan empat negara Asia, yaitu: Indonesia, India, Jepang, dan Pakistan berkontribusi sekitar 75% dari total tangkapan hiu dan pari di wilayah Asia (Bonfil, 2002).

Sebagai Negara terluas perairan lautnya dan paling tinggi keragaman jenis Elasmobranchii, wajar jika Indonesia merupakan penghasil hiu dan pari terbesar di dunia. Total produksi hiu dan pari Indonesai sekitar diatas 100 ton per tahunnya.

Perikanan hiu di Indonesia telah berkembang sejak tahun 1970-an, sebagai tangkapan hasil sampingan (bycatch) dari perikanan rawai tuna. Namun, perikanan hiu semakin popular seiring meningkatnya harga sirip hiu dan harga sirip hiu pada tahun 1988, sehingga menjadikan daya tarik nelayan sehingga hiu menjadi salah satu target tangkapan nelayan di beberapa perairan sekitar tempat pendaratan ikan di Indonesia, khususnya pada perikanan artisanal (Anung dan Widodo, 2002).

Perikanan hiu di Indonesia telah menjadi sorotan dunia pada ahir ahir ini. Hal tersebut sebagai konsekuensi dari total produksi hiu Indonesia yang tertinggi di dunia. Dilain pihak, perikanan hiu di Indonesia, pertumbuhan produksinya sudah melebihi batas kemampuan produksinya. Hal ini dapat terlihat dari hasil tangkapan nelayan yang cenderung makin menurun dan daerah penangkapannya semakin jauh.

Sorotan dunia terhadap perikanan hiu tersebut telah menjadikan Indonesia untuk ikut serta mengkonservasi hiu tersebut. Namun sayangnya, keterbatasan dari data dan informasi mengenai; data tangkapan, potensi, keragaman jenis, biologi, dan tingkat eksploitasi hiu di Indonesia telah menjadi pembatas dalam menentukan dasar rasional dari penerapan pengelolaan hiu secara berkelanjutan.

Buku ini bertujuan untuk memberikan pemikiran dasar tentang perlunya konservasi hiu dan pari di Indonesia.
Buku: Tinjauan Status Perikanan Hiu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar