Senin, 08 Februari 2016

Wisata Sekitar Cirebon: Spa Air Panas Alami di Kaki Gunung Ciremai


Sekilas Tentang Pemandian Air Panas Alami Desa Sangkanhurip Cilimus di Kabupaten Kuningan

Cirebon dan sekitarnya termasuk kabupaten Kuningan, Majalengka, dan Indramayu memiliki banyak tempat dengan beragam wisata.  Wisata pemandangan, wisata kuliner, wisata batik, wisata konferensi (MICE) untuk mengadakan pertemuan dan rapat, sampai wisata religi, mau dalam suasana pantai laut atau di alam pegunungan, bisa anda dapatkan di Cirebon dan sekitarnya ini.

Salah satu wisata yang cukup menarik adalah spa air panas alami di desa Sangkanhurip, Cilimus di Kabupaten Kuningan. Spa air panas alami ini berada di Hotel Grage Sangkan yang berada di kaki Gunung Ciremai. Desa Sangkanhurip Cilimus sendiri berada pada 700 m dpl sehingga udaranya sejuk antara 250 – 280C. Di sekitaran tempat pemandian air panas Sangkanhurip dihiasi dengan pemandangan hamparan sawah yang menghijau dan penduduknya yang ramah-ramah. Di Sangkanhurip Cilimus sendiri tidak hanya spa air panas alami yang berada di sebuah hotel resort tetapi juga ada pemandian air panas untuk umum, arena bermain air, desa wisata, kuliner khas kuningan dll. Memang, yang paling dikenal dari desa Sangkanhurip Cilimus adalah pemandian umum air panas alaminya karena disini terdapat banyak titik sumber air panas.

Air panas alami Sangkanhurip didominasi mineral yodium yang terdiri dari  sulfat dan clorida sedangkan kandungan mineral di sumber air panas alami lainnya seperti di Ciater Bandung lebih banyak didominasi oleh mineral pembentuk belerang. Kandungan yodium yang tinggi tidak saja baik untuk kesehatan kulit tetapi juga baik untuk kesehatan tulang seperti untuk pengobatan penyakit rematik. Hal inilah yang menjadi keunggulan sumber air panas alami Sangkanhurip Cilimus dibandingkan dengan sumber mata air panas alami di tempat lainnya. Suhu air panas Sangkanhurip sendiri berada di sekitaran 370  - 400C.

Khusus untuk spa air panas alami yang berada di hotel Grage Sangkan, setidaknya diperlukan waktu 1 jam untuk dapat menikmati spa ini. Ada 7 tahapan spa air panas alami ini dan semuanya dilakukan sambil berendam atau berada di dalam air. Namun, sebelum anda melalukan treatment spa, ada akan dicek tensi darah dan degup jantung terlebih dahulu oleh petugas kesehatan disana. Kalau tekanan darah dan degup jantung anda normal, anda dipersilakan untuk melanjutkan treatment spa air panas alami tersebut. Tahap 1, adalah tahap relaksasi, anda berbaring di dalam air sambil disembur air panas yang berbuih-buih dengan waktu selama 10 menit, badan serasa dipijit-pijit dengan halus, kemudian pindah ke tahap 2 yaitu telapak kaki anda di semprot tekanan air dari dasar kolam, dilakukan selama 10 menit, ini gunanya untuk melancarkan darah melalui pemijitan di telapak kaki seperti halnya melakukan pijit refleksi, kemudian tahap 3 adalah sekitaran pinggang anda akan disemprot air tekanan tinggi, tujuannya adalah menguatkan pinggang dan menghilangkan sakit di sekitaran pinggang, tahap berikutnya; masing-masing bagian  tumit, kemudian betis, kemudian paha, dan tahap terahir adalah anda akan diguyur air hangat di sekitaran pundak dan kepala dari pancuran yang cukup besar volume airnya. Total seluruh bagian tubuh dapat ‘pijitan’ dari semprotan air dengan tekanan tinggi. Selesai proses ‘pemijitan’ air panas, anda akan disuguhi jahe panas yang serasa sangat nikmat karena diseruput sambil duduk berendam di air panas.

Semua ‘pemijitan’ atau treatment bertujuan untuk melancarkan darah, sehingga anda selesai melalukan treatment spa air panas alami ini, akan merasakan badan anda menjadi enteng dan segar. Namun demikian, spa air panas alami ini tidak dianjurkan untuk ibu-ibu yang sedang hamil, yang mempunyai penyakit tekanan darah tinggi, jantung, dan asma. Tentu saja yang berpenyakit kulit, karena spa ini dilakukan secara bersama sama pada kolam seluas 100m2.

Spa air panas alami di Indonesia hanya ada di 3 tempat, yaitu di desa Sangkanhurip Cilimus sendiri, kemudian di Bogor dan di Bali. Konon yang di Bali, bukan dari air panas alami tetapi air laut yang diproses menjadi air hangat. Tarif untuk spa air panas alami di hotel Grage Sangkan di desa Sangkanhurip Cilimus ini adalah Rp 120 ribu/orang. Harga lebih murah sedikit untuk tamu menginap hotel Graghe Sangkan. Tetapi kalau anda mau mandi air hangat alami saja, tersedia di sebelah hotel ini, dengan tarif Rp 35 rb/kamar eksekutif yang dapat diisi oleh 2 orang. Atau Mau yang ramai-ramai bersama pengunjung lainnya, yaitu hanya Rp 10 rb/orang.

Bagaimana Menuju Pemandian Air Panas Alami di Sangkanhurip Cilimus ini?  

Letak desa Sangkanhurip Cilimus tempat pemandian air panas alami berada adalah arah ke selatan atau ke Kabupaten Kuningan dari Kota Cirebon yang jaraknya 25 km saja. Sepanjang perjalanan anda akan disuguhi jalan yang berkelok-kelok dan pemandangan sawah serta alam pedesaan. Dan sepanjang perjalanan itu banyak ditemua restoran atau rumah makan. Yang paling terkenal makanan disini adalah sate kambing. Satenya empuk dan wangi enak. Kalau hanya bilang pesan sate kambing saja, nanti yang keluar adalah sate yang telah dibumbui kacang, seperti sate ayam di Jakarta. Tapi kalau anda bilang, pesan sate dengan bumbu kecap, bumbu kacangnya akan dipisahkan, tidak dicampur.

Perjalanan menuju pemandian air panas di desa Sangkanhurip Cilimus adalah sbb: Apabila dari Jakarta, anda dapat mempergunakan moda kereta api atau dengan mobil melalui jalan tol Cipali. Dengan kereta api, anda naik dari stasiun Gambir Jakarta dengan kereta Cirebon Ekspres. Lama tempuh Jakarta – Cirebon hanya membutuhkan waktu 2 jam saja. Turun di stasiun kota Cirebon, kemudian naik mobil sewaan yang banyak ditawarkan begitu anda keluar dari stasiun, tarifnya Rp 150 rb.

Apabila anda membawa kendaraan sendiri, anda lewat tol Cikampek terus nyambung Tol Cipali terus nyambung lagi Tol Palikanci atau Tol Palimanan Cirebon. Di tengah perjalan tol Palikanci ini nanti anda keluar pintu tol (outramp) dengan petunjuk tertulis Ciperna, Kuningan, Cirebon Kota. Dari pintu keluar tol (Outramp) Ciperna, anda terus menuju arah Kuningan kemudian ketemu Pasar Cilimus yang cukup ramai dan setelah itu ada lampu merah, anda ambil ke kiri dan disitu letak Spa air panas alami Sangkanhurip. Jaraknya 20 km dari outramp Ciperna atau sekitar 30 menit saja.

Di Sangkanhurip sendiri tersedia penginapan atau hotel, mulai dari kelas penginapan, melati sampai hotel berbintang. Tempat makan-pun banyak tersedia disini. Untuk oleh-oleh makanan yang khas, disini banyak dijajakan tape ketan dalam ember, ada lepet ketan, dan ubi jalar. Ada 2 macam ubu jalar dari persawahan sekitar Sangkanhurip yaitu ubi ungu yang banyak dijadikan kripik dan untuk pasar lokal dan ubi manohara yang isinya berwarna putih dan berkuran bulat besar. Ubi manohara ini banyak diekspor ke Jepang.

Kalau sudah sampai di Cirebon, sayang sekali kalau tidak ke Sangkanhurip Cilimus ini, yuk kita kesana.

Tol Cipali, memudahkan akses ke Cirebon

Pemandangan Sawah antara Cirebon - Kuningan
 
Penyesuaian Suhu Tubuh dengan Suhu Air
 

Tahap l Relaksasi di Spa Air Panas

Tahap 'Pemijitan' Tumit, betis, dan paha

Tahap Ahir: Mengguyur bagian kepala dan pundak

Selesai Treatment disuguhi The Jahe Hangat

Sekitaran Sangkanhurip banyak yang jual durian

Oleh oleh khas Kuningan: Tape ketan di ember

Ubi putih = ubi manohara untuk ekspor ke Jepang

6 komentar:

  1. wah asik ya. ada pemandian air panas juga!

    Wooclip movie

    BalasHapus
    Balasan
    1. asik sekali Melody Stringer, yuk kesana

      Hapus
  2. Saya asli cirebon. Baru tahu. Kalau di grage sangkan ada air panas untuk umum nya.
    Apa itu khusus tamu hotel atau memang untuk umum pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu untuk umum mas. Saya juga ke spa ini kalau lagi pulang kampung ke cilimus. Saya juga tidak menginap di hotel sangkan ini. Tamu hotel nya pun kalau mau spa disitu harus bayar lagi dengan harga yang sama dengan tamu umum.
      Datang ke hotel itu kemudian beli tiketnya di resepsionis hotel.
      Silahkan dicoba dan sangat menyenangkan

      Hapus
  3. Yuuk jalan2 ke kuningan, jika anda dari luar kota,, ga usah bingung, kami menyediakan jasa rental motor di cirebon.
    Hubungi
    Oke rental motor
    Hp/wa : 085724198194
    Pin bb : 54A0E475

    Rental motor harian, mingguan bahkan bisa bulanan dengan harga murah, motor diantar jemput gratiss..

    BalasHapus
  4. boleh info lokasi daerah mana, contak yg bisa di hubungin?
    mkasih

    BalasHapus