Rabu, 16 Maret 2016

Perikanan Sidat (Anguila Spp)

http://print.kompas.com/baca/2016/06/05/Sidat-Ikan-Panjang-Incaran-Bangsa-Asing
I. TAKSONOMI

Klasifikasi dan tata nama sidat menurut Deelder (1984) adalah sebagai berikut :

Kingdom         : Animalia

Phylum            : Chordata

Class               : Actinopterygii

Ordo                : Anguilliformes

Familia            : Anguillidae

Genus             :  Anguilla

Spesies            : Anguilla sp

Di dunia ada 22 jenis sidat, dan di wilayah Pasifik Barat (sekitar perairan Indonesia) ada  spesies ikan sidat yaitu : Anguila celebensis dan Anguila borneensis, yang merupakan jenis endemik di perairan sekitar pulau Kalimantan dan Sulawesi, Anguila interioris dan Anguila obscura yang berada di perairan sebelah utara Pulau Papua, Anguila bicolor pasifica yang dijumpai di perairan Indonesia bagian utara (Samudra Pasifik), Anguila bicolor bicolor yang berada di sekitar Samudra Hindia (di sebelah barat Pulau Sumatra dan selatan Pulau Jawa), sedangkan Anguila marmorata merupakan jenis yang memiliki sebaran sangat luas di seluruh perairan tropis. Dan Anguila reinhardtii

Ikan sidat mempunyai nama lokal yang berbeda – beda yaitu ikan moa, mengguling, uling, ikan lubang, ikan lumbon, ikan larak, ikan lelus, ikan gateng, ikan embu, ikan denong, ikan laro, dan ikan luncah (Kottelat et al, 1993 dan Sarwono, 1993)



II.  BIOLOG
     2.1  Morfologi

Anguila nebulosi
Anguila marmorata
Anguila bicolor




      Ciri dari ordo Anguilliformes menurut Mohsin dan Ambak (1983) adalah mempunyai insang yang terbuka pada bagian lateral dan satu sama lain tidak saling berhubungan. Sirip punggung (dorsal) dan sirip dubur (anal) memanjang dan menjadi satu dengan sirip ekor (caudal). Mempunyai sisik Cycloid dan maxilla bergerigi.

Famili Anguilidae merupakan ikan yang tinggal didasar perairan dengan bentuk tubuh menyerupai ular, mempunyai sisik kecil yang tersusun dalam suatu kelompok dan tersembunyi di dalam kulit. Genus Anguilla dapat dibedakan dengan genus lainnya dengan adanya sirip dada, dan awal sirip punggung yang agak jauh dari kepala, serta tutup insang terletak dekat dengan bagian dada (pectoral). Genus Anguilla merupakan satu-satunya yang termasuk family Anguillidae sehingga cirri dari genus Anguilla juga merupakan ciri dari family Anguillidae (Deedler, 1984)

.2.2  Reproduksi
Daur hidup ikan sidat dibagi menjadi tiga fase, yaitu fase lautan, fase estuary, dan fase sungai. Ikan sidat memijah di laut pada kedalam lebih dari 300 m dan telurnya menetas menjadi larva setelah 38 – 45 jam dengan panjang 2.7 mm sampai 6.2 mm (Kleckner et al, 1983: Yamamoto dan Yamaguchi dalam Facey dan Avyle 1987).  Stadia ini dilampaui selama satu tahun dengan cirri – ciri tubuh seperti pita tembus pandang dengan kedua ujungnya tajam, dan lebar pada bagian tengahnya (Tesch 1977: Fahay, 1978 dalam Facey dan Avyle, 1987). Selanjutnya larva tersebut mengikuti arus ke arah pantai dan mengalami perubahan bentuk (metamorposa) menjadi ikan sidat yang tidak berpigmen  (glass eel) dengan ciri bentuk tubuh yang sama dengan ikan sidat dewasa. Glass el tersebut secara aktif bermigrasi kearah muara sungai. Segera setelah memasuki habitat tersebut pigmentasi mulai berkembang sehingga menjadi ikan sidat kecil yang disebut elver.

Migrasi kearah hulu oleh elver dilakukan setelah tahun ke dua, sebelum pigmentasi berkembang sempurna dan selanjutnya berkembang menjadi ikan sidat berwarna coklat (Brown eel, A. japonica)  atau sidat kuning (Yellow eel, A. rostrate)Sebagian besar dari daur hidup ikan sidat berada di air tawar, sekitar 15 – 30 tahun, tanpa mengalami pematangan gonad (maturasi). Maturasi terjadi bersama dengan perubahan warna tubuh dan morfologinya, menjadi bronze eel atau silver eel (sidat perak). Pada tahap terakhir dari daur hidup tersebut, ikan sidat melakukan migrasi menuruni sungai menuju ke spawning ground untuk melakukan pemijahan.

                                               Gambar. Siklus Hidup Ikan Sidat
Siklus hidup sidat

    2.3  Makanan

Makanan utama larva sidat adalah plankton, sedangkan sidat dewasa menyukai cacing, serangga, moluska, udang dan ikan lain. Sidat dapat diberi pakan buatan ketika dibudidayakan. Makanan terbaik untuk sidat pada stadia preleptochepali adalah telur ikan hiu, dengan makanan ini sidat stadia preleptochepali mampu bertahan hidup hingga mencapai stadia leptochepali.

  III.  HABITAT

Ikan sidat betina lebih menyukai perairan esturia, danau dan sungai-sungai besar yang produktif, sedangkan ikan sidat jantan menghuni perairan berarus deras dengan produktifitas perairan yang lebih rendah.  Hal ini menunjukkan bahwa perubahan produktifitas suatu perairan dapat mempengaruhi  distribusi jenis kelamin dan rasio kelamin ikan sidat.  Perubahan produktifitas juga sering dihubungkan dengan perubahan pertumbuhan dan fekunditas pada ikan sidat jantan tumbuh tidak lebih dari 44 cm dan matang gonad setelah berumur 3-10 tahun.

Ikan sidat termasuk dalam kategori ikan katadromus, ikan sidat dewasa akan melakukan migrasi kelaut untuk melakukan pemijahan, sedangkan anakan ikan sidat hasil pemijahan akan kembali lagi ke perairan tawar hingga mencapai dewasa.

Aktivitas sidat akan meningkat pada malam hari, sehingga jumlah sidat yang tertangkap pada malam hari lebih banyak daripada yang tertangkap pada siang hari.   Hal ini menunjukkan bahwa sidat cenderung memilih habitat yang memiliki salinitas rendah. Ikan sidat termasuk ikan yang mempunyai toleransi tinggi terhadap perubahan salinitas. Pengaruh salinitas terhadap migrasi ikan sidat sangat tinggi, dimana ikan menjadi sangat aktif ketika terjadi perubahan salinitas. Sidat yang sedang beruaya anadromous menunjukkan prilaku hyperaktif yang tinggi, sehingga bersifat reotropis (ruaya melawan arus). Sidat juga bersifat haphobi (menghindari massa air bersalinitas tinggi) sehingga memungkinkan ruaya melawan arus ke arah datangnya air tawar. Ikan sidat mampu beradaptasi pada kisaran suhu 12oC-31oC, sidat mengalami penurunan nafsu makan pada suhu lebih rendah dari 12oC. 

Post larva ikan sidat cenderung sebagai penghuni dasar perairan dan bersembunyi di dalam lubang, terowongan, potongan – potongan tanaman atau substrat lain sebagai perlindungan. Kondisi pasang surut air laut juga mempengaruhi elver berenang pada lapisan permukaan air pada saat pasang dan bersembunyi di dasar pada saat surut.


IV.  SEBARAN
       Wilayah penyebarannya meliputi perairan Indo-Pasifik, Atlantik dan Hindia.  Ikan sidat (Anguilla spp.) merupakan salah satu spesies ikan yang banyak ditemukan di Indonesia.  Penyebaran ikan sidat di Indonesia meliputi sepanjang pantai barat Sumatera, pantai selatan Jawa, pantai timur Kalimantan, Kepulauan Maluku, dan Irian Jaya. Hingga saat ini telah teridentifikasi 18 spesies/sub spesies sidat di dunia, sedangkan yang tersebar di Pasific Barat sekitar Indonesia meliputi jenis-jenis Anguilla celebesensis, A. interioris, A. marmorata, A. nebulosa nebulosa, A. bicolor bicolor, A. bicolor pacifica, A. bornensis, (Ege 1939, Matsui 1972, Castle & Williamson 1974).  Khusus di Sulawesi Utara (Muara Sungai Poigar Bolaang Mongondow), ikan sidat yang ada jenis A. celebesensis, A. marmorata, A. bicolor pacifica (Arai et al. 1999; Sugeha et al. 2001).

 Di Indonesia ikan sidat diindikasikan berpijah di Selatan Pulau Jawa, hal ini didasarkan  terdapatnya larva ikan tersebut di pantai Selatan Pulau jawa. Seperti Pelabuahan Ratu dan Cilacap. Kottelat et al 1993 menyatakan bahwa leptocephali di Indonesia terdapat di sungai – sungai yang bermuara ke laut dalam yaiutu di pesisir barat daya Sumatera, pesisir selatan Jawa, pesisir timur Borneo, Sulawesi dan Bali, tetapi hampir tidak pernah dijumpai di sungai- sungai yang bermuara ke laut dangkal di Paparan Sunda.
Sebaran sidat di dunia
Sebaran sidat di Indonesia


       V. PEMANFAATAN

Ikan sidat merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki nilai ekonomi tinggi, harga glass eel dapat mencapai Rp 80.000 - 150.000 per kilogram dan harga sidat ukuran konsumsi berkisar antara Rp 20.000 - 40.000 per kilogram dan laku di pasar internasional seperti Jepang, Hongkong, Singapura, Belanda, Italia dan Jerman (Affandi dan Suhenda 2003).  Menurut Budimawan (2003), ikan sidat telah dikenal sebagai jenis ikan yang sangat digemari di beberapa negara seperti Jepang, Italia, Denmark, Spanyol dan Perancis. Ikan ini dieksploitasi dan dikonsumsi pada semua ukuran, mulai stadia juvenil hingga induk.  Di negara Spanyol hidangan dengan menu glass eel merupakan hidangan yang cukup prestise sehingga harganya cukup tinggi hingga mencapai $100 – 200 per kilogram.  Nilai ekonomis yang sangat tinggi ini akan memicu eksploitasi yang berlebih yang mengakibatkan permasalahan terhadap keberlanjutan stok ikan sidat di alam.  Negara konsumsi terbesar ikan sidat adalah Jepang, dimana hingga tahun 1999 konsumsi Jepang mencapai 136.836 metrik ton, sedang produksinya hanya 22.836 metrik ton, kesenjangan antara jumlah konsumsi dan jumlah produksi ini diatasi melalui import dari negara produsen.

Di daerah Bolaang Mongondow ikan sidat stadia glass eel dimanfaatkan atau diolah sebagai makanan bakwan, dan ukuran yang besar sangat digemari oleh masyarakat sekitar karena rasanya lebih enak dan harganya lebih mahal dibandingkan dengan ikan lainnya. Data produksi ikan sidat di Danau Moat pada tahun 1978 kurang lebih 1,2 ton kemudian terjadi penurunan produksi sampai pada tahun 1988 produksi hanya sekitar 80 kg. Setelah itu data tentang jumlah produksi ikan sidat di Danau Moat tidak didapatkan. Sedangkan di Kabupaten Bolaang Mongondow tercatat data produksi sidat tahun 2002 dan 2003 berturut-turut 4,1 ton dan 4,6 ton.

VI.  STATUS KONSERVASI
     
      Dengan nilai ekonomi yang demikian tinggi, maka tekanan terhadap sumberdaya ikan sidat menjadi tidak terelakkan.  Penangkapan yang berlebihan (over fishing) terutama pada stadia glass eel dan calon induk dapat mengancam kelestariannya ditambah pula bahwa aspek budidayanya yang masih belum berkembang. Dalam rangka penyelamatan sumberdaya ikan sidat dari ancaman kepunahan akibat penangkapan lebih di alam oleh para nelayan, maka diperlukan upaya konservasi.
        IUCN
        Beberapa jenis sidat sudah masuk ke dalam daftar merah IUCN. Anguila anguila masuk katagori critically endangered (terancam punah) dan A. japonica katagori endangered (kritis), A. bicolor bicolor katagori Near Treatened (hampir terancam punah), A. marmorata masuk katagori Least Concern (kekhawatiran minimal)

        CITES
        Populasi sidat laut Atlantik, yaitu: Anguila anguila dan Anguila rostrate, dan sidat laut Pasifik, yaitu: Anguila japonica, populasinya sudah menurun drastic. Negara negara (proponen) habitat sidat sidat tersebut berusaha untuk memasukannya ke dalam list Apendiks CITES.

        NASIONAL
Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 19/MEN/2012 yang melarang pengeluaran Benih Sidat dari Wilayah Negara Republik Indonesia ke luar Wilayah Negara Republik Indonesia yang berukuran kurang atau sama 150 gr/ekor


6 komentar:

  1. Ass...saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH RAWA GUMPALA,saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya segalanya,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan nomor dan dana ghaibnya,alhamdulillah kini saya sudah bisa membuka usaha kembali yang dulunya pakum karna masalah faktor ekonomi dan kini kami sekeluarga sudah sangat serba berkecukupan dan tidak pernah lagi hutang sana sini,,bagi anda yang punya masalah keuangan jangan sungkan-sungkan untuk menhubungi MBAH RAWA GUMPALA karna insya allah beliau akan membantu semua masalah anda dan baru kali ini juga saya mendaptkan para normal yang sangat hebat dan benar-benar terbukti nyata,ini bukan hanya sekedar cerita tapi inilah kisah nyata yang benar-benar nyata dari saya




    (((( BUKA BLO DANA GHAIB DAN NOMOR GHAIB MBAH RAWA GUMPALA ))))







    Ass...saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH RAWA GUMPALA,saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya segalanya,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan nomor dan dana ghaibnya,alhamdulillah kini saya sudah bisa membuka usaha kembali yang dulunya pakum karna masalah faktor ekonomi dan kini kami sekeluarga sudah sangat serba berkecukupan dan tidak pernah lagi hutang sana sini,,bagi anda yang punya masalah keuangan jangan sungkan-sungkan untuk menhubungi MBAH RAWA GUMPALA karna insya allah beliau akan membantu semua masalah anda dan baru kali ini juga saya mendaptkan para normal yang sangat hebat dan benar-benar terbukti nyata,ini bukan hanya sekedar cerita tapi inilah kisah nyata yang benar-benar nyata dari saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada MBAH SELONG yang
      telah memberikan kebahagian bagi keluarga kami…berkat Beliau saya
      sekarang udah hidup tenang karena orang tuaku udah buka usaha dan
      punya modal untuk buka bengkel skrang pun orang tuaku tidak di
      kejar-kejar hutang lagi…dan keluarga Kami di berikan Angka
      Ritual/Goib Dari mbah yg sangat Jitu 100%dijamin
      tembus…hingga keluarga kami sekarang merasa tenang
      lagi…terima kasih mbah…Jika Anda ada yg merasa kesulitan
      masalah Nomer ToGEL silahkan hbg Aja MBAH SELONG
      dinmr hp beliau (081-322-565-355) atau http://prediksiangkahoki88.blogspot.com/
      dan saya sudah membuktikan 3kali berturut2 tembus terimah kasih

      Hapus
    2. Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa dulunya saya ini cuma seorang.
      penjual es kuter kelilin tiap malam. pendapatannya tidak seberapa dan.
      tidak pernah cukup dalam kebutuhan keluarga saya,, suatu hari saya dapat.
      informasi dari teman bahwa MBAH SUJARWO bisa memberikan angka ritual/goib.100% tembus.
      akhirnya saya ikuti 4D nya dan alhamdulillah memanG bener-bener terbukti tembus.
      saya sangat berterimakasih banyak kpd MBAH SUJARWO.atas bantuan MBAH saya sekarang.
      sudah bisa mencukupi kebutuhan keluarga saya bahkan saya juga sudah buka.
      usaha matrial dan butik pakaian muslim.
      Jika anda mau buktikan
      silahkan bergabun sama Mbah Sujarwo
      Di:http://sitogelsgp.blogspot.com Atau { KLIK-DISINI }
      No: tlp.0823-2424-4298
      Saya sudah buktikan benar2 tembus 3x permainan....!!!

      Hapus
  2. saya PAK SLEMET posisi sekarang di malaysia
    bekerja sebagai BURU BANGUNAN gaji tidak seberapa
    setiap gajian selalu mengirimkan orang tua
    sebenarnya pengen pulang tapi gak punya uang
    sempat saya putus asah dan secara kebetulan
    saya buka FB ada seseorng berkomentar
    tentang AKI NAWE katanya perna di bantu
    melalui jalan togel saya coba2 menghubungi
    karna di malaysia ada pemasangan
    jadi saya memberanikan diri karna sudah bingun
    saya minta angka sama AKI NAWE
    angka yang di berikan 6D TOTO tembus 100%
    terima kasih banyak AKI
    kemarin saya bingun syukur sekarang sudah senang
    rencana bulan depan mau pulang untuk buka usaha
    bagi penggemar togel ingin merasakan kemenangan
    terutama yang punya masalah hutang lama belum lunas
    jangan putus asah HUBUNGI AKI NAWE 085-218-379-259
    tak ada salahnya anda coba
    karna prediksi AKI tidak perna meleset
    saya jamin AKI NAWE tidak akan mengecewakan











    saya PAK SLEMET posisi sekarang di malaysia
    bekerja sebagai BURU BANGUNAN gaji tidak seberapa
    setiap gajian selalu mengirimkan orang tua
    sebenarnya pengen pulang tapi gak punya uang
    sempat saya putus asah dan secara kebetulan
    saya buka FB ada seseorng berkomentar
    tentang AKI NAWE katanya perna di bantu
    melalui jalan togel saya coba2 menghubungi
    karna di malaysia ada pemasangan
    jadi saya memberanikan diri karna sudah bingun
    saya minta angka sama AKI NAWE
    angka yang di berikan 6D TOTO tembus 100%
    terima kasih banyak AKI
    kemarin saya bingun syukur sekarang sudah senang
    rencana bulan depan mau pulang untuk buka usaha
    bagi penggemar togel ingin merasakan kemenangan
    terutama yang punya masalah hutang lama belum lunas
    jangan putus asah HUBUNGI AKI NAWE 085-218-379-259
    tak ada salahnya anda coba
    karna prediksi AKI tidak perna meleset
    saya jamin AKI NAWE tidak akan mengecewakan

    BalasHapus
  3. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum....
    Saya hanya sebagai perantara untuk menyampaikan tentang ritual gaib ABAH SALEH, Saya sengaja menulis sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah ekonomi/keuangan ataupun punya masalah hutang piutang.Permasalahan akan di tuntas ABAH SALEH dengan ilmu gaip yang kasat mata.!!
    Pertama-tama Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada ABAH SALEH yang telah membantu kehidupan keluarga saya, Dulunya saya cuma kerja jadi tukang ojek , penghasilan saya Hanya pas pasan untuk mengecukupi kehidupan keluarga saya..Alhamdulillah sekarang sejak saya bergabung jadi member (ABAH SALEH), Saya sudah berkali kali menang togel dan ini kemenangan saya yg Ke 3X nya kemarin di kasih angka ritual 4D,Syukur Alhamdulillah angka yg diberikan aki tembus lagi, Impian saya selama ini sudah jadi kenyataan kehidupan keluarga saya pun jauh lebih baik dari pada sebelumnya...
    Buat bapak/ibu yang ingin mendapatkan REJEKI melalui jalan TOGEL..
    Jika anda benar2 serius tertarik untuk mendapatkan angka hasil ritual MBAH SALEH Silahkan HUBUNGI Langsung MBAH SALEH DI NOMOR HP : 085-247-111-647

    ABAH SALEH atau biasa juga dipanggil MBAH SALEH tidak pernah mengobral janji manis…Fakta & Kenyataanlah yang berbicara......
    Beliau hanya melayani yg serius & bersedia membantu mahar untuk biaya membeli alat ritual & sesajen ritual.

    Anda Akan Berhasil Sukses Jika Anda Berani Mengambil Keputusan Untuk Mengikuti Ritual ABAH SALEH...!!!

    =**Untuk Info Lebih Jelas Cara Pengambilan Angka Ritual Silahkan KLIK DISINI**=
    sekian terima kasih,wassalam...

    BalasHapus